Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi
Hampir 22% peserta LBI 2016 sudah bisa disebut blogger profesional bila merujuk platform yang berbasis dotcom. Karena dengan domain sendiri, pemiliknya lebih terlihat mandiri, dan bagaimana dengan pengguna platform yang tidak berbayar?
Musim keempat, LBI diikuti sekitar 40 blogger dari sebagian kota-kota yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak tersebut, LBI melakukan survei tentang pengguna platform. Hasilnya, sebagai berikut ;
- Dotcom - 22 pengguna
- Blogspot - 13 pengguna
- Wordpress - 2 pengguna
- Webid -2 pengguna
- Blogdetik - 1 pengguna
Kesimpulan
Menempatkan pengguna dotcom paling atas sepertinya sudah seharusnya mengingat potensial blogger saat ini tidak dapat dipandang remeh.
Mereka yang move on dari platform tidak berbayar menjadi berbayar hanyalah soal nama saja. Ibaratnya merek kendaraan tapi tetap saja jenisnya sama.
Urutan kedua, blogspot yang merupakan platform dari Google masih sangat diminati peserta. Termasuk blog LBI ini sendiri. Awalnya istilah blogger hadir dari platform ini, seiring waktu berubah sesuai perkembangan.
Pesaing dari blogspot awal-awal berdiri adalah wordpress. Saat blogspot terus berada diatas, pengguna teralihkan dengan hadirnya wordpress. Meski begitu, blogspot masih akan tetap lebih menarik.
Web id sebenarnya sama dengan dotcom yaitu platform berbayar. Web id seolah hadir untuk lebih sisi personal mengingat nama dotcom sudah digunakan sejuta umat, baik secara personal maupun bisnis.
Terakhir, platform rasa lokal asli Indonesia ini sempat mengalami masa jaya-jayanya beberapa tahun silam. Entah saat ini bagaimana kabarnya. Hadirnya platform ini yang satu-satunya membuat harapan bahwa mereka baik-baik saja bisa terlihat.
**Masih banyak lagi sebenarnya platform yang ada di dunia blogging saat ini. Namun karena survei ini hanya untuk peserta LBI maka yang ada hanya 5 ini saja. Apa pun platformnya, tetap, cita rasanya juga sama. Sama-saman memberikan konten tentunya.
Survei diambil dari peserta LBI 2016
22 pengguna dari 40 peserta.
BalasHapusBerarti presentase pengguna dot.com lebih dari 50 % donk :-)
Iya, harusnya 55%
Hapuswordpress cuma 3 orang aja
BalasHapusBerapa jumlah blogger aktif di Indonesia ya?
BalasHapusterima kasih
data di AntaraNews tahun 2015, blogger Indonesia hanya 3,5% dari 88 juta pengguna internet di Indonesia yang artinya hanya 3 juta orang saja. Entah 2016
BalasHapuskarena domain com lebih popular dibandingkan blog cepot
BalasHapuswww.bikerzone11.xyz