Langsung ke konten utama

Konten : Pegang Peranan Besar


Judul diatas diambil dari majalah marketing edisi Desember 2015. LBI menulis ini karena ada kaitannya dengan blogger. Karena pada dasarnya, seorang blogger adalah penghasil konten, terutama di dunia maya atau Internet. Lanjut baca berikutnya.


Bagi sebagian blogger yang sudah lalu-lalang dunia perbloggeran tanah air tentu ngomongin soal konten sudah biasa. Tapi buat yang masih menggebu-gebu, mau disebut baru atau lama, ngomongin konten tak ada habisnya. Konten adalah penyemangat bagi mereka yang memahaminya.

Blogger penghasil konten

Konten itu seperti postingan/tulisan yang kita buat di halaman blog pribadi. Bentuknya bisa tulisan, gambar, video, audio dan sementara hanya itu pada umumnya. Sudah memahami, bukan.

Selain blogger yang dikatakan penghasil konten, pekerjaan lainnya juga berhubungan dengan konten. Sebut saja penulis (bukan blogger yang biasa), editor, desain grafis dan masih banyak lagi.

Format konten yang populer di tahun 2015

Halaman majalah yang disebut diatas memberitahukan bahwa format konten paling populer tahun 2015 adalah media sosial yang tembus diangka 78%, disusul 48% dengan E-Newsletters, 46% dengan gambar, 44% dengan Video dan 44% adalah ebook.

Paling tinggi dari data diatas tentu adalah media sosial. Media tersebut memang bisa dikatakan raja konten mengingat kecepatannya yang diatas media-media lainnya. Sebut saja twitter. Akun burung biru ini dapat ditaruh dengan format konten apa saja (all). Bisa update post (tulisan), gambar, video, dan terbaru kemarin yaitu polling.

Survei Better Blogger 2015

Diantara begitu banyak situs, blog, media sosial, dan lainnya yang bertebaran di internet, tidak heran kalau kontenlah yang bisa membuat satu situs bisa berbeda dengan yang lain.

Konten yang bagus tentu memerlukan perencanaan yang matang. Selain itu, seorang content creator juga harus fokus dan konsisten dalam membuat topik yang up to date dan menarik agar bisa menjaring audience dan mendapatkan traffic yang lebih besar.

Para blogger profesional pun kini sangat peduli dengan konten yang mereka ciptakan. Sebanyak 49% dari mereka menyatakan sangat peduli membuat perencanaan matang untuk menghasilkan lebih banyak lagi konten.

Tentang tahun 2016

Banyak orang bisa menulis status, berbagi foto, video dan lain sebagainya. Tapi bukan berpikir seperti demikian. Blogger sebagai salah satu garis terdepan penghasil konten tentu memiliki jam terbang, berpikir profesional, konsisten dan tentu punya kualitas.

Jika sudah mendapatkan feeling demikian, tentu untuk menarik brand-brand image atau perusahaan dapat dilakukan dengan mudah. Bila belum, mungkin saja niatnya belum lurus. Siapa tahu saat ini masih sekedar menulis saja bukan sebagai penghasil konten yang mengena sasaran.

Tahun 2016 sudah kita pijak awalnya, diharapkan bagi seorang blogger melihat ini sebagai peluang dan tantangan. Kompetisi LBI akan banyak membantu buat blogger melihat berbagai sudut pandang yang selama ini tidak dipandang. Ya, semua berharap akan lebih baik. Setidaknya dari sini dulu.

Anda adalah pembuat konten. Dan sebuah konten, memiliki peranan penting bagi sebuah website atau blog yang nantinya tersebar lewat Internet.

Gambar : Google

Komentar

  1. Mantap min. Musuh utama konten itu adalah rasa malas. :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasmen dan Hasil Akhir Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Liga Blogger Indonesia musim kelima telah berakhir. Berikut klasmen akhir dan hasil pertandingan pekan 29 (terakhir). Terima kasih sudah mengikuti.

Pekan Kedua Liga Blogger Indonesia 2017

Semua orang yang menulis blog pribadinya bisa dikatakan bloger. Lalu, apa yang membedakan bloger satu dan yang lainnya? Konsisten, mungkin adalah jawabannya. Untuk menaikkan level seorang bloger pekan ini LBI mengambil temanya adalah.

Daftar Peserta Resmi Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Berikut ini merupakan daftar peserta resmi Liga Bloger Indonesia untuk musim kelima tahun 2017. Jumlah pesertanya ada sekitar 18 bloger.