Jumat, 29 Januari 2016

Liga Blogger Indonesia Dibuat 2 Grup/ Wilayah, Bagaimana Pendapat Anda?


LBI pernah memikirkan tentang ide membuat kompetisi yang lebih luas seperti melibatkan komunitas blogger tiap kota di Indonesia. Namun seiring waktu berjalan, ide tersebut belum dapat terealisasi karena LBI sendiri belum begitu diketahui keberadaannya. Kabar baiknya kali ini, LBI mendapat komentar seru dari pengunjung blog ini. Pengen tahu?

Sebagai kompetisi satu-satunya di Indonesia atau di dunia, LBI sudah menjalankan roda kompetisinya hingga keempat kalinya, tahun 2016. LBI juga terus menjalankan programnya secara mandiri meski pada kenyataannya tidak ada sponsor adalah kendala utamanya.

1 tahun sekali, terlalu lama

Kompetisi LBI memang menggunakan durasi cukup panjang sekali putaran yaitu 3-4 bulan dengan total 12 pekan dalam 1 kompetisi. Mau tidak mau, kompetisi ini masih digulirkan setahun 1 kali. Jadi buat yang mau ikutan atau tertarik, harus menunggu tahun depan atau tahun 2017.

Seiring waktu, menjelang akhir bulan Januari 2016, LBI mendapatkan komentar menarik dari pengunjung bahwa waktu penyelenggaraan terlalu lama bila ingin mengikuti bagi yang tertarik. Kasihan, katanya.



Gelombang baru

LBI juga berharap pengen memberi kesempatan lain kepada peserta yang berpikir kompetisi ini terlalu lama bila ditungguin. Namun sempat bertanya pada peserta yang pernah ikutan, LBI tetap dipertahankan 1 tahun sekali.

Soal gelombang baru untuk mereka yang ingin ikutan, LBI senang dengan pendapat tersebut. Jadi setelah kompetisi berakhir, dalam rentan waktu beberapa bulan sebelum awal tahun 2017, akan diadakan kompetisi untuk menjaring peserta baru.

2 Grup/Wilayah

Mungkin realisasinya adalah pembagian wilayah atau grup untuk membuat roda kompetisi tetap berjalan demi menuju tahun 2017. Ya semacam babak kualifikasi untuk kembali menentukan peserta utama.

Ide ini sangat menarik untuk dilakukan. LBI akan melihat dan mencoba, apakah ini bisa atau tidak. Jadi, mungkin bila babak kualifikasi ini tidak dimainkan seminggu sekali namun 2 minggu sekali dalam rentang beberapa pekan.

Ada wilayah Barat dan Timur, LBI coba nanti menghubungi beberapa komunitas blogger juga untuk meminta bantuan soal ini. Terutama mengirimkan anggotanya sebagai calon peserta.

Ini yang harus digarisbawahi

LBI masih kesulitan untuk mendapatkan sponsor guna memberi hadiah bagi pemenang. Selain faktor LBI bukan dikelola secara kelompok besar maupun perusahaan, legalitas terkadang menjadi masalah. Belum lagi soal masa depan LBI yang menurut konsep belum menarik buat sponsor.

LBI sebenarnya membuka sistem DONASI. Dimana hingga musim keempat ini, donasi masih didapatkan dari peserta sendiri. Jadi ini juga harus dipikirkan ketika calon peserta ingin mengikuti kompetisi bahwa mereka tidak akan diimingi hadiah besar bila mengikuti secara reguler.

...

LBI senang mendapat tanggapan positif dari blogger atau pengunjung. Selain menjadi semangat sendiri, LBI ternyata mendapat apresiasi dari Anda semua.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana pendapat Anda tentang kompetisi yang tetap jalan setelah selesai dan pembagian grup untuk menuju LBI 2017? LBI sangat butuh saran Anda semua.

Terima kasih.

Artikel terkait :




4 komentar:

  1. menurut saya sih LBI tetap satu wilayah karena kompetisinya akan lebih terasa dari pada dua wilayah. Untuk yang belum bisa ikutan bisa mulai seperti kompetisi Divisi 2 nantinya yang menduduki peringkat teratas akan menggantikan Divisi utama yang berada di posisi terbawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih saran dan masukkannya

      Bakalan seru sepertinya

      Hapus
  2. menurut saya jika ada divisi itu akan terkondisikan jika masing-masing zona sudah ada komunitas yang benar-benar jalan dan mapan. takutnya kalau ga gitu ada kesenjangan antara dua divisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti dapat cara mengaturnya.

      Terima kasih

      Hapus