Langsung ke konten utama

Sistem Baru LBI Tahun 2017 : Home dan Away


Untuk pertama kali, sistem kompetisi Liga Blogger Indonesia untuk tahun 2017 menggunakan sistem Home & Away (Kandang dan Tandang). Format ini sepenuhnya mengikuti format liga dalam dunia sepakbola sebenarnya. Berikut penjelasannya.

Buat yang belum paham arti Home & Away dalam dunia sepakbola, ini sangat penting untuk disimak. Home yang berarti bermain di kandang sendiri biasanya menerima lawannya di stadion sendiri. Sedangkan lawan yang bermain di kandang lawannya itu disebut Away.

Untuk LBI musim kelima tahun 2017, peserta yang bermain dengan nama pertama maka dianggap bermain sebagai Home atau tuan rumah. Sedangkan lawannya akan dianggap bermain away atau tandang.

Contohnya sebagai berikut :

Peserta A lawan B.
A ini disebut Home (Tuan Rumah)
B ini disebut Away

Jadi yang bertindang sebagai tuan rumah di pertandingan A vs B adalah A. Peserta LBI A ini yang disebut sebagai tuan rumah akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

  • Tuan rumah berhak mendapatkan skor 1 langsung. Skor sama dengan gol.
  • Tuan rumah hanya memposting 1 postingan setiap bertanding tiap pekan, yaitu posting tema.

Sedangkan si B yang dianggap sebagai lawan wajib melakukan sebagai berikut :

  • Lawan wajib memposting 2 postingan tiap bertanding. Posting bebas dan Tema dari LBI.
  • Bila lawan tidak memposting bebas, maka tidak mendapat skor.
Skor sendiri adalah angka-angka yang dikumpulkan dari posting bebas, tema dan share ke form + Twitter. Total skor adalah 3. Skor sendiri berbeda dengan poin. 

Poin adalah nilai yang didapat dari hasil melawan peserta lain. Seperti A lawan B, skornya adalah 3-2. Maka A dianggap pemenang dan berhak mendapatkan poin 3. Bila seri, maka poinnya 1 dan kalah 0 poin.

...

Sistem atau format baru ini diharapkan bisa memberi semangat baru buat peserta LBI. Tantangannya sangat menarik dan benar-benar seperti bermain sepakbola. 

Mungkin harus LBI beritahu dari awal, format baru ini akan berdurasi sangat panjang. Jadwal pertandingan yang sudah diinfoin di sini dilaksanakan tiap pekan akan berlangsung hingga 7-8 bulan.

Tapi nggak perlu khawatir, peserta akan menikmati seperti posting blog biasanya. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasmen dan Hasil Akhir Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Liga Blogger Indonesia musim kelima telah berakhir. Berikut klasmen akhir dan hasil pertandingan pekan 29 (terakhir). Terima kasih sudah mengikuti.

Pekan Kesembilan Liga Blogger Indonesia 2017

Selamat datang di awal bulan Maret 2017. Awal pekan ini, peserta banyak yang libur. Tak apa lah, memang waktunya libur. Untuk tema pekan kesembilan, peserta kami kasih sesuatu yang lebih menarik. Simak tema berikut ini :

Postingan Bebas yang Dipublish Hari Rabu, Bisa Diikutsertakan di Pekan Berikutnya

Kami mengerti kesulitan-kesulitan yang didapat peserta. Untuk itu, kami ingin sedikit memberikan dispensasi kepada peserta untuk postingan bebas. Post yang diposting hari rabu, boleh dimasukkan dalam form pekan berikutnya.