Jumat, 15 Januari 2016

Tren Blogger Indonesia 2016 : Mengenal Blogger Buku dan Blog Tour


Kedua kategori diatas mungkin masih asing bagi sebagian penulis blog, tapi kedua kategori tersebut diprediksi akan menjadi tren blogger tahun ini. Apa sih blogger buku dan blog tour?

LBI mengetahui informasi ini dari dua blog peserta yang mengulas tema pekan pertama. Ada umimarfa dan giegilangmaulani. Tinggal klik nama mereka yang sudah diberi link untuk info lebih lengkap konten mereka.

Blogger Buku dan blog tour itu sama

Sempat bingung dengan arti tour sendiri di sini. Kirain tour itu semacam yang berhubungan dengan travel dan wisata, ternyata lebih ke jalan-jalan atau blogwalkingnya seorang blogger ke blog-blog lain.

Blog tour adalah tour virtual yang dilakukan oleh penulis untuk mempromosikan buku mereka dari blog satu ke blog yang lainnya. Sistemnya mereka akan mencari calon host yang akan mereka kirimi buku untuk direview dan dipromosikan.

Jadi kesimpulannya, kedua kategori tersebut sebenarnya sama. Sama-sama mengulas buku tentunya. Penerbit atau penulis buku sekarang mencari blogger untuk mengulas buku-bukunya atau semacam review.

Lalu, blog tour ada istilah yang namanya host. Nah, host ini yang nantinya ditawari  buku untuk direview dan dipromosikan. Siapa saja bisa menjadi host tentunya.

Banyak juga keuntungannya

Umimarfa juga mengulas beberapa keuntunga menjadi blogger buku atau blog tour. Ada 4 keuntungan yang diulas di halaman blognya. Salah satunya dapat mengenal penulis-penulis baru. Lainnya dapat dilihat langsung lewat link yang ada diatas.

Bagaimana, kira-kira prediksi kedua blogger ini benar nggak ya buat tahun 2016. Meski sudah sebagian blogger mengetahui, apakah akan menjadi tren? Mari kita tunggu saja kabar baiknya hingga pertengahan tahun. 

3 komentar:

  1. Kalo aku pribadi malah melihat trend blogtour (plus book giveaway) sudah ada setahun yang lalu ^^ Sering ikutan soalnya :)

    BalasHapus
  2. apakah modelnya akan sama seperti mereview / resensi buku gitu?

    BalasHapus
  3. Captain Su | Sailing Journalist Indonesia
    http://www.captainsu.com"

    BalasHapus