Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Liga Blogger Indonesia Dibuat 2 Grup/ Wilayah, Bagaimana Pendapat Anda?


LBI pernah memikirkan tentang ide membuat kompetisi yang lebih luas seperti melibatkan komunitas blogger tiap kota di Indonesia. Namun seiring waktu berjalan, ide tersebut belum dapat terealisasi karena LBI sendiri belum begitu diketahui keberadaannya. Kabar baiknya kali ini, LBI mendapat komentar seru dari pengunjung blog ini. Pengen tahu?

Sebagai kompetisi satu-satunya di Indonesia atau di dunia, LBI sudah menjalankan roda kompetisinya hingga keempat kalinya, tahun 2016. LBI juga terus menjalankan programnya secara mandiri meski pada kenyataannya tidak ada sponsor adalah kendala utamanya.

1 tahun sekali, terlalu lama

Kompetisi LBI memang menggunakan durasi cukup panjang sekali putaran yaitu 3-4 bulan dengan total 12 pekan dalam 1 kompetisi. Mau tidak mau, kompetisi ini masih digulirkan setahun 1 kali. Jadi buat yang mau ikutan atau tertarik, harus menunggu tahun depan atau tahun 2017.

Seiring waktu, menjelang akhir bulan Januari 2016, LBI mendapatkan komentar menarik dari pengunjung bahwa waktu penyelenggaraan terlalu lama bila ingin mengikuti bagi yang tertarik. Kasihan, katanya.



Gelombang baru

LBI juga berharap pengen memberi kesempatan lain kepada peserta yang berpikir kompetisi ini terlalu lama bila ditungguin. Namun sempat bertanya pada peserta yang pernah ikutan, LBI tetap dipertahankan 1 tahun sekali.

Soal gelombang baru untuk mereka yang ingin ikutan, LBI senang dengan pendapat tersebut. Jadi setelah kompetisi berakhir, dalam rentan waktu beberapa bulan sebelum awal tahun 2017, akan diadakan kompetisi untuk menjaring peserta baru.

2 Grup/Wilayah

Mungkin realisasinya adalah pembagian wilayah atau grup untuk membuat roda kompetisi tetap berjalan demi menuju tahun 2017. Ya semacam babak kualifikasi untuk kembali menentukan peserta utama.

Ide ini sangat menarik untuk dilakukan. LBI akan melihat dan mencoba, apakah ini bisa atau tidak. Jadi, mungkin bila babak kualifikasi ini tidak dimainkan seminggu sekali namun 2 minggu sekali dalam rentang beberapa pekan.

Ada wilayah Barat dan Timur, LBI coba nanti menghubungi beberapa komunitas blogger juga untuk meminta bantuan soal ini. Terutama mengirimkan anggotanya sebagai calon peserta.

Ini yang harus digarisbawahi

LBI masih kesulitan untuk mendapatkan sponsor guna memberi hadiah bagi pemenang. Selain faktor LBI bukan dikelola secara kelompok besar maupun perusahaan, legalitas terkadang menjadi masalah. Belum lagi soal masa depan LBI yang menurut konsep belum menarik buat sponsor.

LBI sebenarnya membuka sistem DONASI. Dimana hingga musim keempat ini, donasi masih didapatkan dari peserta sendiri. Jadi ini juga harus dipikirkan ketika calon peserta ingin mengikuti kompetisi bahwa mereka tidak akan diimingi hadiah besar bila mengikuti secara reguler.

...

LBI senang mendapat tanggapan positif dari blogger atau pengunjung. Selain menjadi semangat sendiri, LBI ternyata mendapat apresiasi dari Anda semua.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana pendapat Anda tentang kompetisi yang tetap jalan setelah selesai dan pembagian grup untuk menuju LBI 2017? LBI sangat butuh saran Anda semua.

Terima kasih.

Artikel terkait :




Komentar

  1. menurut saya sih LBI tetap satu wilayah karena kompetisinya akan lebih terasa dari pada dua wilayah. Untuk yang belum bisa ikutan bisa mulai seperti kompetisi Divisi 2 nantinya yang menduduki peringkat teratas akan menggantikan Divisi utama yang berada di posisi terbawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih saran dan masukkannya

      Bakalan seru sepertinya

      Hapus
  2. menurut saya jika ada divisi itu akan terkondisikan jika masing-masing zona sudah ada komunitas yang benar-benar jalan dan mapan. takutnya kalau ga gitu ada kesenjangan antara dua divisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti dapat cara mengaturnya.

      Terima kasih

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?