Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Konsistennya Brand Sepeda Motor Yang Aktif Gandeng Bloger Tahun 2024

Kami pernah menulis tentang para diler sepeda motor di tahun 2023 lalu yang aktif menggandeng bloger dalam kampanye pemasarannya. Dan tahun 2024, mereka masih konsisten. Berita ini datang dari Pontianak, apakah kotamu juga? Atau kamu salah satu pemilik blog yang diundang?

Siapa bilang bloger tahun 2024 sudah redup dalam dunia pemasaran? Itu, kami. Nunjuk hidung sendiri. Ya, maafkan. Informasi yang kami tulis ini di halaman ini memang membuktikan bahwa kami salah.

Pemasaran tahun 2024

Di tengah popularitasnya video pendek hingga hadirnya orang-orang yang dipanggil konten kreator, pemilik blog tetap tangguh rupanya. Namun harus digarisbawahi dulu karena tidak semua orang yang punya blog bisa diajak atau ikut serta dalam pemasaran sebuah merek.

Terkadang, kita tersamarkan karena penyebutan bloger berarti semua pemilik blog akan masuk kriteria pemasaran. Tidak-tidak. Butuh syarat tertentu dan konten yang disesuaikan dengan kriteria pemasar. 

Di era sekarang, fokus konten sangat penting. Semisal kita bahas di blog tentang dunia otomotif, maka kriterianya akan masuk dengan brand sepeda motor. Termasuk juga gadget, maka akan dicari tim pemasar brad tekno atau gadget juga.

Namun beruntungnya jika kamu membaca ini apabila tertarik ingin digandeng brand tapi kontennya tidak fokus pada niche/khusus tertentu alias campur-campur.

Pemilik blog bisa bergabung dengan komunitas atau jika tidak ada komunitas di kota tempat tinggalmu, maka bangun komunitas sendiri dengan tujuan agar bisa tampil atau terlihat oleh pemilik brand.

Mengapa itu penting? Karena apabila kamu dilirik, itu adalah nilai plus dalam perjalanan bloggingmu. Jadi, niatkan dulu apakah tujuanmu membuat blog. Jika hanya untuk curhat pribadi, sebaiknya skip saja. Namun untuk membangun karir atau pekerjaan, sangat penting sebuah portofolio untuk masa depan.

Dalam dunia pemasaran sekarang, menurut kami, komunitas masih dicari. Biasanya pihak pemasar brand cenderung memilih karena jumlahnya banyak sehingga tujuan promosinya bisa mereka dapatkan. Kami sudah memberi kunci rahasianya, jadi jangan bocorkan apabila kamu tertarik ingin mencobanya.

Brand sepeda motor tahun 2024

Kami paham bahwa halaman ini bukan pengalaman pribadi kami secara langsung. Kami menulis ini informasinya lebih ke referensi dari berita-berita yang kami baca. Khususnya yang berhubungan dengan pemilik blog atau bloger.

Seperti yang kamu lihat gambar di atas, beberapa media menuliskan judul halamannya dengan kegiatan diler sepeda motor merek tertentu yang mengajak jurnalis dan bloger dalam promosi produknya yang dikemas dengan aktivitas.

Bila diler menggandeng jurnalis dan bloger menurut kami sudah biasa dalam beberapa tahun belakangan, maka vlogger dan influencer biasanya juga turut disertakan. 

Yang menarik saat kami baca dari salah satu media online solopos.com, ada komunitas juga yang diajak. Komunitasnya rupanya juga nyambung dengan karakter merek, yaitu komunitas motor seperti Honda Community dan sebagainya.

Berita di atas memang kebanyakan dari Kalimantan Barat. Apakah di kota lain juga melakukannya? Saat kami telusuri dari kata kunci yang ada di halaman beritanya ternyata Kota Semarang juga mengadakan hal yang sama.

Kampanye promosinya sama, apakah berarti seluruh Indonesia juga sedang digaunkan? Meski kota tempat tinggal kami melakukannya juga, belum tentu bahwa diler akan melirik bloger seperti kami.

Diler tentu mencari seperti yang kami sebutkan di awal bahwa bloger yang memenuhi kriteria mereka lah yang fokus konten sepeda motor atau otomotif,yang akan mereka gandeng atau hubungin.

Pertanyaannya adalah di mana semua postingan artikel yang ditulis para pemilik blog yang hadir dalam acara? Semenjak tahun 2023, kami kesulitan mengakses postingan pemilik blog yang ikut mengkampanyekan promosi dari kegiatannya tersebut.

Media, jangan tanya. Sudah pasti muncul di mesin pencari dan bahkan notif khusus pencarian blogger. Atau di media sosia fokus postingan para pemilik blog? 

Entahlah, kami tidak ingin berpikir jauh sekedar menambah kesan tulisan ini harus lebih dalam untuk pembahasannya.

Alasan kami menulis halaman ini agar pemilik blog masih terlihat eksis dan disukai brand atau merek, khususnya di Indonesia. 

Bloger masih powerful di tahun 2024. 

Kami harap demikian dan semoga kamu dapat kuenya juga (diundang). Bagaimana dengan merek atau brand selain sepeda motor?

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz