Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Bloger Masih Laku Tahun 2024 ?

Selain bloger dan Youtuber kembali diundang oleh ASUS Indonesia, kehadiran influencer sangat menarik perhatian kami. Apalagi didominasi perempuan muda yang terlihat bening-bening semua. Tentang apa ini?

Kami mengingat kembali postingan sebelumnya di bulan Februari tentang dunia blogging yang masih menarik tahun 2024. Tanpa sadar seolah semesta mendukung, kami mendapat panggilan untuk pergi ke Jakarta kembali. 

Ya, ASUS punya gawe. Mereka mengenalkan laptop terbarunya yang memiliki 2 layar dengan ukuran besar, yaitu 14 inci. Tentu, ini bukan cerita baru mereka mengundang bloger. Namun beberapa tahun belakangan ASUS mulai sering ikat pinggang. Itu artinya, promo lewat pemasaran digital semacam bloger mulai jarang.

Masih laku

Kami senang bahwa nama kami terpilih dan mewakili Kota Semarang untuk pergi menghadiri acara yang dilangsungkan tanggal 7 Maret kemarin di salah satu hotel di Jakarta.

Meski kami punya jalur khusus karena tergabung di komunitas ASUS, kami juga merasa deg-degan karena mereka mengumumkan bahwa tidak semua akan diajak seperti tahun-tahun sebelumnya. Ada pembatasan sekarang, entah itu karena budget atau bloger yang kurang laku sekarang.

Dengan kehadiran kami bersama rekan-rekan bloger yang datang dari kota-kota luar Jakarta seperti Aceh, Jambi, Lampung, Jogja, hingga Balikpapan, menegaskan bahwa tahun 2024 ini bloger masih laku.

Kami pikir sangat sulit untuk sekarang bagi para pemilik blog bisa berpartisipasi dalam kampanye pemasaran digital jika hanya mengandalkan blog saja. Apalagi perusahaan atau brand besar.

Makanya aktivitas bloger saat diundang menghadiri acara bukan saja untuk memenuhi kuota tempat duduk atau menulis review produk, tapi juga menggerakkan linimasa di X agar bisa trending. 

Selain itu juga membangun pengaruh di platform video pendek semacam Instagram Reels. Dua media sosial tersebut tentu membutuhkan, setidaknya punya jumlah followers yang mumpuni.

Influencer muda

Yang menarik dari acara kali ini juga selain kehadiran kami para bloger dan Youtuber adalah para influencer muda yang didominasi generasi Z. Influencer di sini tentu lebih ke sisi penampilan mereka yang sangat terjaga.

Tentang laptop Zenbook DUO bisa dilihat di blog dotsemarang

Mereka, seperti yang kami sebutkan di awal paragraf, cakep-cakep parasnya (cantik). Penampilannya juga menarik dan membuat para pria tertarik. Ada yang datang berdua dan ada yang ramai-ramai.

Apakah ini pesona influencer Jakarta? Setidaknya mereka termasuk micro influencer yang memiliki pengaruh di TikTok dan Instagram. Dari sisi ini kami tahu bahwa ASUS ingin menarik perhatian generasi muda yang aktif di dunia digital.

Ah, sepertinya sudah kepanjangan halaman ini kami tulis. Jadi, kesimpulannya apa? Sebentar, baca lagi deh. Jadi, tahun 2024 ini, perusahaan masih melirik bloger di tengah gempuran tren influencer dan platform video pendek.

Untuk mengambil peran tersebut, banyak para pemilik blog sekarang ini bertranformasi menjadi influencer juga. Makanya tidak heran ada beberapa wajah yang familiar akan tampil setiap acara karena perubahan aktivitas ini.

Mumpung masih awal tahun, setidaknya kami memberi gambaran bahwa dunia blogging masih menarik. Meski begitu, perkuat juga branding di media sosial semacam di X, Instagram, TikTok hingga YouTube. 

Itu sangat penting tentunya! 
Terima kasih ASUS Indonesia sudah turut mengundang kami juga.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?