Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Butuh Ide Segar Posting Blog Hari Ini, Coba Tips Berikut Ini


Merasa tak memiliki ide postingan hari ini? Atau lainnya, mungkin cara berikut ini bisa memotivasi membangkitkan sisi kreativitas yang tersembunyi yang ada disekitar kita.

Sebagai creative writing, blogger juga membutuhkan ide-ide baru untuk menuntunnya mengisi konten blog personalnya maupun ladang mencari fresh money. Hanya saja sebagai manusia yang sebenarnya semua bisa kreatif, kadang kala mengalami kebuntuan ide.

Contohnya saja, meski dikelilingi lingkungan kompetisi yang menuntut kreatif, peserta LBI ada saja yang kurang ide dan bahkan ada yang tidak memposting blognya.

Tipsnya

Untuk membangunkan ide-ide baru tersebut, cara berikut ini dapat dicoba dan dipraktekkan langsung. Tipsnya lebih soal kesehatan tentunya.

1. Berjalan-jalan

Bangkit dari sofa dan bergerak, bukan hanya membuat tubuh sehat, tapi membiarkan kreativitas kita mengalir. Studi pada 2014 dari peneliti di Stanford University menemukan bahwa orang-orang yang sering berjalan-jalan, kreativitas mereka meningkat dibanding orang yang sering duduk.

2. Memiliki hobi / aktivitas lain

Anda mungkin berpikir sudah memiliki keahlian sehingga tidak perlu lagi mengembangkan hobi. Namun, sebuah studi terbaru menemukan bahwa orang-orang yang terlibat dalam sebuah hobi di luar pekerjaannya, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik. Hobi menyediakan “ekspresi diri dan kesempatan untuk menemukan kemampuan diri” kita.

Buat blogger, mungkin lebih mencari aktivitas di luar kegiatan menulis. Semisal pergi ke bioskop, bermain games, bermain dengan anak-anak (mahmud), mengasih makan binatang kesayangan dsb.

3. Berkhayal

Luangkan waktu – mungkin sekitar 10 menit – untuk membiarkan pikiran kita berkelana. Para peneliti dari University of California mengatakan, berkhayal atau daydreaming bisa membantu kita menemukan solusi kreatif atas masalah yang sedang menimpa kita.

4. Ruang kerja berantakan

Orang bijak berkata, ruang kerja yang rapi merupakan hal esensial dari produktivitas. Namun, bukankah kreativitas sesuatu yang tidak biasa? Para peneliti menemukan bahwa meja kerja yang rapi membuat kita memiliki “tingkah laku yang baik”. Sementara, meja kerja yang berantakan justru memberikan banyak pilihan dan merangsang ide-ide baru.

Tapi jangan langsung diberantakan juga, ya. Semisal sudah rapi dan terbiasa, tiba-tiba dihamburin.

5. Mencari inspirasi di kedai kopi

Suara yang terlalu berisik atau terlalu tenang bisa menghalangi kreativitas. Namun, suara berisik sebagai “latar belakang” justru membuat ide mengalir. Dalam sebuah eksperimen yang dipublikasikan pada Journal of Consumer Research, suara berisik sebagai ambien – seperti saat kita fokus dengan laptop di sebuah kedai kopi – menghasilkan pemikiran-pemikiran baru dan berbeda.

Nggak harus di tempat yang mahal, yang biasa aja tidak masalah. Jangan sampai kebablasan, lho.

6. Atur lampu remang-remang

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Environmental Psychology, bekerja di bawah lampu remang-remang bisa menanamkan rasa kebebasan yang akan melahirkan kreativitas dibanding lampu kerja biasa.

Buat Mahmud dan PakMud, hindari perasaan saat berdua di bawah lampu remang-remang, ya.

7. Menghabiskan waktu di negara lain

Melihat budaya negara lain membuat kita memiliki pandangan berbeda. Hal itu merangsang pemikiran inovatif dan fleksibel.

Mungkin maksudnya browsing di google aja, ya. Kalau mau liburan sih, nggak masalah, kok.

...

Semoga tips di atas dapat memberi inspirasi. Apalagi mahasiswa dan pelajar yang selalu punya alasan super sibuk *hehe.. Selamat mencoba

Sumber referensi : Intisari online
Original Post klik di sini

Gambar : Google

Komentar

  1. Sudah mencobanya semua dan paling ampuh kalau browsing dan jalan-jalan :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?