Minggu, 06 Maret 2016

Butuh Ide Segar Posting Blog Hari Ini, Coba Tips Berikut Ini


Merasa tak memiliki ide postingan hari ini? Atau lainnya, mungkin cara berikut ini bisa memotivasi membangkitkan sisi kreativitas yang tersembunyi yang ada disekitar kita.

Sebagai creative writing, blogger juga membutuhkan ide-ide baru untuk menuntunnya mengisi konten blog personalnya maupun ladang mencari fresh money. Hanya saja sebagai manusia yang sebenarnya semua bisa kreatif, kadang kala mengalami kebuntuan ide.

Contohnya saja, meski dikelilingi lingkungan kompetisi yang menuntut kreatif, peserta LBI ada saja yang kurang ide dan bahkan ada yang tidak memposting blognya.

Tipsnya

Untuk membangunkan ide-ide baru tersebut, cara berikut ini dapat dicoba dan dipraktekkan langsung. Tipsnya lebih soal kesehatan tentunya.

1. Berjalan-jalan

Bangkit dari sofa dan bergerak, bukan hanya membuat tubuh sehat, tapi membiarkan kreativitas kita mengalir. Studi pada 2014 dari peneliti di Stanford University menemukan bahwa orang-orang yang sering berjalan-jalan, kreativitas mereka meningkat dibanding orang yang sering duduk.

2. Memiliki hobi / aktivitas lain

Anda mungkin berpikir sudah memiliki keahlian sehingga tidak perlu lagi mengembangkan hobi. Namun, sebuah studi terbaru menemukan bahwa orang-orang yang terlibat dalam sebuah hobi di luar pekerjaannya, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik. Hobi menyediakan “ekspresi diri dan kesempatan untuk menemukan kemampuan diri” kita.

Buat blogger, mungkin lebih mencari aktivitas di luar kegiatan menulis. Semisal pergi ke bioskop, bermain games, bermain dengan anak-anak (mahmud), mengasih makan binatang kesayangan dsb.

3. Berkhayal

Luangkan waktu – mungkin sekitar 10 menit – untuk membiarkan pikiran kita berkelana. Para peneliti dari University of California mengatakan, berkhayal atau daydreaming bisa membantu kita menemukan solusi kreatif atas masalah yang sedang menimpa kita.

4. Ruang kerja berantakan

Orang bijak berkata, ruang kerja yang rapi merupakan hal esensial dari produktivitas. Namun, bukankah kreativitas sesuatu yang tidak biasa? Para peneliti menemukan bahwa meja kerja yang rapi membuat kita memiliki “tingkah laku yang baik”. Sementara, meja kerja yang berantakan justru memberikan banyak pilihan dan merangsang ide-ide baru.

Tapi jangan langsung diberantakan juga, ya. Semisal sudah rapi dan terbiasa, tiba-tiba dihamburin.

5. Mencari inspirasi di kedai kopi

Suara yang terlalu berisik atau terlalu tenang bisa menghalangi kreativitas. Namun, suara berisik sebagai “latar belakang” justru membuat ide mengalir. Dalam sebuah eksperimen yang dipublikasikan pada Journal of Consumer Research, suara berisik sebagai ambien – seperti saat kita fokus dengan laptop di sebuah kedai kopi – menghasilkan pemikiran-pemikiran baru dan berbeda.

Nggak harus di tempat yang mahal, yang biasa aja tidak masalah. Jangan sampai kebablasan, lho.

6. Atur lampu remang-remang

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Environmental Psychology, bekerja di bawah lampu remang-remang bisa menanamkan rasa kebebasan yang akan melahirkan kreativitas dibanding lampu kerja biasa.

Buat Mahmud dan PakMud, hindari perasaan saat berdua di bawah lampu remang-remang, ya.

7. Menghabiskan waktu di negara lain

Melihat budaya negara lain membuat kita memiliki pandangan berbeda. Hal itu merangsang pemikiran inovatif dan fleksibel.

Mungkin maksudnya browsing di google aja, ya. Kalau mau liburan sih, nggak masalah, kok.

...

Semoga tips di atas dapat memberi inspirasi. Apalagi mahasiswa dan pelajar yang selalu punya alasan super sibuk *hehe.. Selamat mencoba

Sumber referensi : Intisari online
Original Post klik di sini

Gambar : Google

2 komentar:

  1. Sudah mencobanya semua dan paling ampuh kalau browsing dan jalan-jalan :)

    BalasHapus