Postingan

Distribusi yang Sangat Penting Buat Blogmu

Gambar
Bagi pemilik blog yang menjadikan blog sebagai media informasi maupun ladang uang, distribusi sangat penting. Postingan blog yang dibagikan ke saluran-saluran semacam media sosial sangat berguna. Tidak saja soal menarik pengunjung, tapi juga membangun arus lalu lintas agar menjadi jalan ke depannya. Dua kategori pemilik blog di atas sudah kami sebutkan, siapa yang harus melakukan distribusi konten. Ini karena ada juga pemilik blog yang tak tertarik untuk mendistribusikan ke saluran-saluran yang banyak digunakan masyarakat pengguna Internet.  Blog kadang sebagai alat terapi, menyalurkan pikiran dengan tujuan tertentu. Seperti kesehatan salah satunya, menghilangkan depresi atau media bagi pengguna penyakit pikun. Konten adalah Raja, distribusi yang menjadi ratu Sebagai pengguna media sosial, mungkin kamu mulai selektif pada satu platform. Semisal Twitter, dan meninggalkan Facebook atau Instagram. Atau malah sebaliknya. Jika kamu berpikir sebagai pengguna medi...

Google+ Dihentikan, Apa Dampaknya Bagi Pemilik Blog di Platform Blogger?

Gambar
Tanggal 2 Februari 2019, kami mendapatkan email dari Google perihal akan dihentikannya akun Google+ yang direncanakan pada tanggal 2 April 2019. Ada dua bulan untuk segera berbenah, khususnya para pengguna platform blogger yang kena dampaknya. Sebagai pengguna platform Blogger.com, yang juga produk dari Google , kita tidak perlu bingung atau berlebihan menyikapi dampak penghentian Google+. Karena dampaknya tidak begitu besar, terutama platform. Namun buat yang memanfaatkan sebagai bisnis, memang lalu lintas akan sangat berdampak. Perlu diperhatikan bahwa penghentian Google+ ini lebih ke platform yang gratisannya atau konsumen. Itu artinya, Google+ versi berbayar, yakni G-Suite yang menggantikannya tetap tersedia. Apa itu G-Suite? Sementara cari sendiri dulu. Kami ingin mengupas tentang dampak dinonaktifkannya Google+ saja kali ini. Pada Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk menghentikan penggunaan Google+ versi konsumen pada April 2019 karena ...

Tahun 2019, Masih Malas Ngeblog

Gambar
Itu wajar sekali. Bahkan tantangannya lebih besar tahun ini. Bukan soal tahun politik, tapi mulai dari diri sendiri, media sosial dan sebagainya. Tahun 2019 masih malas ngeblog, tidak perlu cemas. Mari melihat lagi kesalahan yang mungkin bisa diperbaiki. Bila dari awal kamu menanamkan ngeblog untuk mengahasilkan uang, sebaiknya berhenti bermain-main. Beli domain berbayar, update konten secara serius dan lakukan monetisasi. Masalah diri sendiri Pagi hari berencana memposting ide-ide yang sudah ada di kepala, lalu tiba-tiba hilang begitu saja. Mengapa?  Biasanya ini datang dari diri sendiri. Seperti sarapan yang berlebihan. Minum kopi yang perut belum diisi karbohidrat atau bahkan kekasih yang mengacaukan malam harinya dan mood hilang. Masih banyak hal terjadi selain yang disebutkan di atas. Intinya, masalah kehilangan mood atau malas menulis bisa saja datang dari diri sendiri. Lakukan sesuatu pada mood atau suasana. Mungkin olahraga, seperti bersepeda atau l...

Ngeblog Lewat Instagram?

Gambar
Kami tahu bahwa itu adalah salah satu cara memotivasi dan sangat baik kelihatannya. Apalagi tujuannya mengajak seseorang menulis yang bermanfaat untuk kesehatan (mental). Selamat datang tahun 2019, artikel perdana kami tahun ini. Ngeblog di Instagram? Tunggu dulu, kami pikir itu aneh. Selama 5 tahun menyelenggarakan kompetisi dengan tujuan menulis dan aktif ngeblog, itu saja masih kesulitan.  Tren Instagram dua tahun terakhir juga datang dengan istilah influencer, selebgram, foodgram dan lainnya. Apalagi para fotografi sangat bangga memajang hasil fotonya di sana. Dan kini, Instagram dianggap platform tempat menulis? Apakah kamu bercanda? Ngeblog lewat Instagram Ya, ini benaran ada. Kami nggak sengaja menemukan beberapa rekan bloger yang mengikuti kampanye dari akun Instagram dengan nama 30haribercerita. Bahkan dalam bionya terdapat tagline 'Ajakan rutin ngeblog sebulan penuh tiap awal tahun.' Program tersebut rupanya sudah jalan beberapa tahun. Meski ...

Brand yang Mempersatukan Bloger

Gambar
Sepanjang tahun 2018, kami di Semarang sudah jarang bertemu dengan sesama bloger dengan embel-embel kopi darat atau kopdar. Akan tetapi, intensitas pertemuan tetap terjalin. Bisa sebulan lebih dua kali. Ada banyak kepentingan pastinya. Bagaimana dengan kamu dan kotamu? Semenjak kehadiran komunitas bloger perempuan di kota kami, yang tentunya khusus buat perempuan , kegiatan yang menjadi ciri khusus dulunya untuk silaturahmi dan berbagi ilmu, tahun 2018 sudah tidak penting lagi.   Ini karena dalam satu waktu dan satu tempat, kami bisa bertemu dengan para bloger. Bukan hanya datang dari sekitar, namun juga datang dari bloger yang berada di luar kota.  Brand yang mempersatukan Kami tidak tahu bagaimana dengan kota-kota lain di Indonesia, apakah tren ini sama atau masih menjaga silaturami dengan ungkapan kopdar. Yang jelas, tren ini berkembang di kota-kota besar yang memiliki basis komunitas atau ekosistem bloger yang kuat untuk dapat menarik brand ag...

Tahun 2019, Tujuan Baru Liga Blogger Indonesia (LBI)

Gambar
Setahun belakangan ini, kami masih mendapatkan pertanyaan kapan kompetisi dimulai kembali. Jujur, hasrat itu kami menyukainya. Namun sepertinya kami harus umumkan bahwa kompetisi tidak ada lagi. Tahun 2019, kami punya tujuan baru dengan LBI ini. Kami ingin membawa konten, itu saja tujuannya. Konten ini berupa postingan perkembangan dunia blogging tanah air. Untuk itu, kami membuka kesempatan bila ada yang tertarik ingin bergabung membantu kami. Seperti perkembangan blog di kota Semarang yang didominasi emak-emak. Bloger luar kota yang ikut nimbrung ke kota lain tanpa rasa lelah dan lainnya. Tentu ini hanya contoh, kamu bisa memberikan informasi lainnya. Blog LBI ini ingin menjadi sedikit referensi buat bloger yang ada di tanah air. Memberi motivasi, semangat dan inpsirasi. Tahun 2019, kami ingin menyambut pergantian tahun dengan tujuan baru kami ini. Sekali lagi, kami ingin kamu bergabung dengan kami. Menambah informasi dan inspirasi. Artikel terkait : Yuk,...

Perkembangan Beauty Blogger/ Vlogger yang Begitu Pesat di Ranah Industri Kecantikan

Gambar
Tren ini tak dapat dipungkiri begitu menggiurkan dan membuat dunia perbloggeran tanah air semakin ramai. Meski bukan sesuatu yang baru di luar sana, tren ini juga ikut berkembang dalam dunia vlogger. Apakah kamu salah satunya? Tiga bulan lamanya kami tidak berbicara kepadamu dari halaman ini. Kami harus tetap mengusahakan meski juga bingung harus dimulai dari mana. Beauty Blogger/ Vlogger Berkembang Pesat di Ranah Industri Kecantikan Di atas ini merupakan judul asli yang menginspirasi tulisan kami hari ini. Konten yang ditulis di halaman ekonomi.kompas.com (21/8) ini, sedang menyorot perkembangan industri kecantikan dari sisi kreativitas seorang bloger/vlogger. Menurut Associate VP Head of Hi-Tech, Property, Consumer Industry Markplusinc Yosanova Savitry, peran beuaty blooger/ vlogger dalam mengulas produk di dunia maya kerap jadi referensi utama untuk perempuan dalam menemukan produk kecantikan andalannya. Data dari ZAP Beauty Index 2018 pun mengungkapkan,...