Langsung ke konten utama

Perkembangan Beauty Blogger/ Vlogger yang Begitu Pesat di Ranah Industri Kecantikan


Tren ini tak dapat dipungkiri begitu menggiurkan dan membuat dunia perbloggeran tanah air semakin ramai. Meski bukan sesuatu yang baru di luar sana, tren ini juga ikut berkembang dalam dunia vlogger. Apakah kamu salah satunya?

Tiga bulan lamanya kami tidak berbicara kepadamu dari halaman ini. Kami harus tetap mengusahakan meski juga bingung harus dimulai dari mana.

Beauty Blogger/ Vlogger Berkembang Pesat di Ranah Industri Kecantikan

Di atas ini merupakan judul asli yang menginspirasi tulisan kami hari ini. Konten yang ditulis di halaman ekonomi.kompas.com (21/8) ini, sedang menyorot perkembangan industri kecantikan dari sisi kreativitas seorang bloger/vlogger.

Menurut Associate VP Head of Hi-Tech, Property, Consumer Industry Markplusinc Yosanova Savitry, peran beuaty blooger/ vlogger dalam mengulas produk di dunia maya kerap jadi referensi utama untuk perempuan dalam menemukan produk kecantikan andalannya.

Data dari ZAP Beauty Index 2018 pun mengungkapkan, perempuan Indonesia dalam mencari referensi mengenai produk kecantikan 55 persen berasal dari media sosial Instagram, kemudian 41,6 persen dari kanal Youtube dan 40,9 persen dari beauty blogger/ vlogger.

Sisi lain, Yosanova juga menceritakan, perempuan Indonesia saat ini sudah lebih teredukasi mengenai masalah produk kecantikan. Banyak dari mereka yang benar-benar memastikan jika produk tersebut aman dengan mencari banyak ulasan di internet dari bebagai sumber.

"Kalau kita lihat sosial media itu jadi tempat pertama orang-orang Indonesia untuk cari review. Sebenarnya cewek-cewek di Indonesia ini lebih smart loh sekarang. Meraka cari review benar-benar detail," tutur Yosanova kepada Kompas.com saat peluncuran ZAP Beauty Index di Jakarta, Senin (20/8/2018).

Sementara itu, peran beauty blogger/ vlogger di industri kecantikan ini dinilai akan semakin berkembang dan besar. Walaupun ini bisnis baru, semakin insdustri kecantikan dilirik, beauty blogger/ vlogger akan semakin menjamur dan bisa dijadikan ujung tombak pemasaran suatu produk.

"Ini akan besar (beauty blogger/ vlogger) dan akan tambah besar (lagi) nantinya peran beauty blogger/ vlogger ini. Beauty blogger/ vlogger itu tinggi sekali peningkatannya," pungkasnya.

Link asli klik di sini.

Platform beautynesiablog.id

Ada satu platform yang menarik perhatian kami dan ini bukan bermaksud konten bersponsor dengan mengenalkan platform ini kepadamu.

Beautynesia.id merupakan media online yang diklaim terbesar di Indonesia menurut mereka. Dengan total 20 juta pageview, platform ini memberikan informasi tentang perempuan.

Bila kamu berkunjung ke halamannya, di sana banyak bloger yang tergabung. Ulasan kecantikan bukan satu-satunya halaman yang hadir, ada beragam tema yang disediakan tentunya.

Lalu, apa hubungannya dengan tren yang kami bahas ini? Beauty Blogger, mereka banyak dijumpai di sana. Bila kamu ingin merambah konten seperti mereka, kamu bisa menemukan inspirasi di sana. Atau mau bergabung sekalian.

Apa perbedaan Beauty Blogger dan Vlogger ?

Dari sisi kami melihat, ini hanya berbeda pada sisi platform saja. Soal konten tetap sama. Dan satu lagi, seorang bloger bisa merambah menjadi vlogger. Sedangkan vlogger, biasanya tidak fokus pada blog. Vlogger biasanya fokus pada kanal video yang ditaruh pada media sosial atau kanal Youtube.

...

Mau tidak mau, perkembangan ini harus kamu ketahui juga. Selain sebagai sebuah tren, menjadi salah satu diantara mereka (blogger dan vlogger) dapat menambah pundi-pundi rupiahmu.

Dipercaya merek, menjadi ambassador hingga dikirimin barang untuk kamu ulas. Paling beruntung, kamu bisa diundang dalam industri kecantikan untuk terlibat, baik dari sisi launching acara dan tempat duduk manis di kantor mereka. Apa pendapatmu?

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?