Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Blogging Itu Luas, Tidak Sekedar Konsisten Menulis (2)

Halaman yang kami tulis ini hanya ingin memperluas wawasan saja bahwa apa yang dilakukan oleh para pemilik blog, tidak sekedar menulis. Apalagi yang berpikir seberapa banyak pendapatan yang diraih seorang bloger. Karena, jika hanya mendapatkan informasi yang sedikit, persepsinya terkadang bisa menyesatkan.

Sebelum membaca lebih jauh, kami ingin tanya dulu. Sudah baca postingan yang pertama? Di sana kami juga membagikan tentang dunia blogging yang tidak sekedar konsisten menulis. Nanti saja kamu kunjungi apabila selesai membaca halaman ini. Soalnya, link artikelnya ada dipaling bawah nanti.

Ternak blog

Terinspirasi dari salah satu cuitan di X kemarin, sosok yang kami kenal ini membagikan pengalamannya bagaimana ia berternak blog. Istilah yang familiar, sayangnya itu bukan hewan atau binatang. Benar, itu benar-benar blog yang diternakkan.

Postingan aslinya bisa klik di sini

Maksudnya itu, membuat banyak blog yang sudah pasti tujuan utamanya adalah meraih pendapatan. Mungkin kamu pernah mendengar seorang yang menyebut dirinya bloger meraih penghasilan hingga puluhan juta dalam sebulan. Tapi, itu bukan tentang sosok yang kami jadikan inspirasi. Kami pernah melihat beritanya di media beberapa tahun lalu.

Jika kamu baca postingannya di X, Mas Lil namanya yang bisa dilihat, ia membuat 100 blog. Bahkan, itu diatur secara otomatis yang artinya bisa posting langsung dalam satu hari. Sepertinya begitu, kami juga kurang mengerti.

Namun, itu membutuhkan alat atau tools dalam pengerjaannya. Alat yang mungkin sudah familiar dikalangan SEO atau pakar web marketing.

Sangat menarik, apalagi bila kamu ikuti utasnya di postingannya. Ya, meski tidak banyak. Malah yang komen pada tertarik. 

Blogging itu luas

Apa yang dibagikan lewat postingan di X tersebut rasanya tidak banyak orang-orang yang akan melakukannya menurut kami. Entah kenapa, rahasia dapur seperti ini membuat kami juga jadinya terinspirasi membawanya ke sini.

Kami yang punya beberapa blog dengan kategori berbeda kurang dari 6 saja sudah kewalahan, apalagi 100 blog. Hanya saja, kami menulisnya langsung secara manual. Bukan artikel otomatis yang biasanya tidak ada unsur pengalamannya dari penulisnya (sudut pandang). Mungkin ada, kami sangat awam hal beginian.

Jadi, jika bertemu atau membaca sebuah artikel yang menyebut pendapatan seorang bloger bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta, cek dulu alamat blognya apa. Jika sudah, tanyakan apakah ia melakukan cara menjual blog atau berternak blog.

Kami tidak ingin kamu yang baru merambah dunia blogging harus memaksakan diri karena tekanan yang diberikan dalam perjalanan blogging-mu. Tapi berbeda jika kamu memang memiliki tujuan untuk meraih pendapatan puluhan juta dengan cara tersebut. Kami menghormati pilihanmu.

Sekali lagi, bloging itu luas. Tidak sekedar konsisten menulis.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?