Sebelum Memulai Ngeblog, Penting Memahami Dahulu Target Audiens
Jika kamu baru memulai ngeblog atau berpikir mencari cuan dari blog, hal pertama yang kamu harus pikirkan adalah kepada siapa tulisanmu ditawarkan. Karena jika sekedar memposting blog dengan tema yang sudah ramai, semangatmu akan segera kendur.
Mari memulai bulan November dari halaman ini. Sebelumnya, sudah membaca artikel 'Hari Blogger Nasional Tahun 2023' di blog dotsemarang? Mungkin kamu ingin mampir, melihat sudut pandang yang kami coba tawarkan di sana.
Sasaran atau target
Blog LBI yang kami buat ini memiliki sasaran khusus untuk para bloger yang sedang merasa kurang ide, gairah atau bertahan. Ya, itu artinya kami mengambil seluruh audiens di Indonesia.
Entah target itu berhasil atau tidak, kami hanya menawarkan dengan membagi postingan yang inspiratif, memotivasi dan meluruskan hal-hal yang belum dipikirkan.
Kamu harus memulainya dari sini. Karena segala sesuatunya yang akan kamu tulis nanti di blog akan mempengaruhi fokusmu pada audiens.
Bila fokus blog pribadi, kamu harus melihat peluang yang ada padamu dan target yang diinginkan. Semisal, kamu suka makan. Berarti fokusmu kuliner dan targetmu adalah orang-orang yang tinggal di tempatmu jika ingin mengangkat kuliner lokal.
Mengutip dari laman Neal Schaffer, ada beberapa tips cepat untuk memahami target audiens seperti di bawah ini
- Lakukan brainstorming secara menyeluruh dan ciptakan personal brandingmu
- Mintalah umpan balik dari pembaca atau pelanggan semisal kamu ingin fokus blog bisnis
- Gunakan alat analisis web untuk memahami jenis lalu lintas
- Lihat pesaingmu, teliti dan pahami
- Eksplore influencer di sekitarmu dan cobalah lihat siapa yang mereka targetkan untuk idenya.
Lalu lintas lebih banyak?
Kami senang melihat statistik trafik blog dotsemarang memiliki jumlah yang banyak. Itu membuat kami lebih bersemangat untuk kembali membuat postingan.
Namun bila kamu sedang membangun blog atau baru memulai, trafik atau lalu lintas blog jangan dipikirkan dahulu. Setidaknya, kamu harus bertahan hingga 3 bulan dan berusaha konsisten.
Trafik yang besar pada konten yang memiliki kualitas lebih tinggi, tidak menjamin bahwa lalu lintas tersebut bersifat menguntungkan.
Kita harus memahami apa yang kita publish, apakah itu pendekatan terbaik yang tujuannya meningkatkan peluangmu mengubah pengunjung menjadi klien yang mau membayarmu.
Inilah sebabnya mengapa sangat penting memahami target pasar yang sebenarnya membutuhkan produk atau jasamu. Lihat semua yang bisa kamu bagikan seperti kesukaan, ketidaksukaan, dan lainnya.
Artikel terkait :
- Biar Ide Tidak Menghilang, Manfaatkan Fitur WhatsApp Sebagai Note (Catatan)
- Jangan Berharap Menghasilkan Pendapatan dari Blog Lewat Google AdSense, Jika Masih?
- Blogger vs Medium: Platform Mana yang Lebih Baik Untuk Blogging?
- Tab Komunitas YouTube Diperluas Tanpa Syarat 500 Subscriber; Yuk Bloger, Manfaatkan!
- Lainnya
Komentar
Posting Komentar