Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

4 Penghasilan Utama Blogger?

Kami terinspirasi dari sebuah artikel yang menulis tentang 4 penghasilan utama seorang bloger. Sesuatu yang sensitif sebenarnya, apalagi blog yang benar-benar konten asli. Diantara 4 ini, mungkin ada salah satunya yang menarik?

Meski kami jarang menulis bagaimana kami mendapatkan penghasilan, namun sering kali kami membicarakannya saat ditanya. Jawabannya kami selalu konsisten, sulit untuk mendapatkannya (penghasilan). 

Iklan google adsense

Blog-blog yang kami kelola memang sudah terpasang iklan, apakah berarti kami memiliki penghasilan yang luar biasa? Tentu, tidak. 

Google adsense mewajibkan pemilik bisnisnya dapat menarik uangnya dari iklan yang terdapat di blog saat sudah terkumpul Rp1.300.000.

Mengumpulkan nominal ini untuk sebagian pemilik bisnis blog ternyata tidak mudah. Apalagi yang ngarep cepat. Blog dotsemarang sendiri akhir-akhir ini sangat sulit mendapatkan trafik, sehingga berpengaruh pada pendapatan adsense.

Bisa ngumpulin Rp1.000 dalam sehari saja sudah sulit. Lalu, bagaimana ngumpulin hingga Rp1.300.000. Terakhir kami narik nominal 1,3 juta harus beberapa tahun sekali. Lama, bukan.

Silahkan baca halaman di sini, bagaimana google adsense tidak dapat dijadikan penghasilan tetap apabila tidak memenuhi syarat.

Backlink atau Content Placement

Content placement atau artikel berbayar ini adalah daftar kedua untuk sumber penghasilan seorang bloger. Syarat utamanya adalah kamu harus memiliki trafik atau kunjungan yang sangat besar dan Domain Authority (DA) yang cukup tinggi.

Bila trafik dan blogmu masih seperti kami, blogspot, bakal kesulitan untuk mengambil jalur penghasilan seperti ini. Kami sendiri tidak fokus di sini.

Dalam referensi artikel yang kami baca, biasanya per-job memiliki nilai dari Rp50.000 untuk blog yang DA/PA nya kecil. Dan di atas 30 nilainya hingga Rp500.000. Coba saja daftarkan alamat blogmu ke salah satu platform penyedia backklink.

Afliasi

Ini sangat menarik karena tidak butuh syarat seperti ribuan pengunjung per hari atau bersaing dengan pemilik blog lainnya.

Penghasilan lewat afliasi hanya perlu merekomendasikan pembaca blog untuk membeli suatu produk lewat online shop terpercaya dan menyediakan afliasi.

Tiap terjadi transaksi yang sudah kita rekomedasikan lewat blog kita, maka kita akan dapat komisi. Keuntungan mendapatkan penghasilan dari sini adalah tidak peduli kapan pun, bahkan saat kamu tidur, bila orang membeli produk yang direkomendasikan, maka penghasilan akan masuk ke rekening kita.

Iklan mandiri

Terdengar mudah, tapi nyatanya sulit. Kita sebagai pemilik blog, hanya perlu menawarkan slot iklan yang ada di blog kita. 

Dalam situs referensi, di sana ditulis setidaknya blog kita harus memiliki pengunjung hingga di attas seratus ribuan dalam seminggu. Atau minimal 5 ribu per hari. Wah, kami pasrah untuk ini karena sulit mendapatkan ribuan dalam sehari. 

📝 pojokreview.com
📷 Ilustrasi

...

Selain yang disebut di atas, ada pemasukan lain yang sayangnya itu hanya by event saja. Itu artinya, beberapa pemilik ada yang diundang sebuah acara. Terkadang itu ada pemasukan tidak terduga, ya meski tidak semua ada money-nya.

Blog selalu direkomendasikan sebagai salah satu ladang penghasilan di era internet sekarang. Meski begitu, blog tidak semua pemiliknya mendapatkan cuan dari situ. Apalagi dikelola secara pribadi dan postingnya hanya seminggu atau sebulan sekali.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?