Langsung ke konten utama

Kompetisi yang Lebih Mandiri


Tahun 2017, kompetisi Liga Bloger Indonesia dijalankan dengan lebih mandiri. Tentu itu sangat hebat dan membanggakan, tapi buat pesertanya sebagian pasti tidak setuju. Terutama keputusan LBI melabeli pendaftaran dengan tidak lagi memberi gratisan. Mengapa? 


Halo bloger, LBI mohon maaf untuk label tidak gratis ini untuk musim kelima. Lebih dari soal ini, LBI mengharapkan dukungan calon peserta tahun depan untuk membuat kompetisi yang lebih mandiri. Ya, caranya daftar bayar sebesar 100 ribu rupiah.

Lebih Mandiri lagi

Memang dari dulu, LBI sudah berjalan mandiri. Tapi dengan biaya di tahun depan, LBI bisa dibilang akan lebih mandiri lagi. Dari dulu memang tidak bekerjasama dengan sponsor, dan tahun depan pun juga tetap sama.

Keuntungannya tentu nanti akan dirasakan peserta LBI dan pihak LBI sendiri. Seperti hadiah yang bakalan lebih banyak diterima peserta, apresiasi dan kompetisi yang berjalan lebih baik.

Kekurangan LBI tiap kompetisi adalah peserta yang tidak konsisten. Ini bukan salah mereka tapi bila sampai tidak sama sekali mengikuti kompetisi tiap pekan, ini buat masalah ke peserta lain. Dengan adanya komitmen (bayar), kompetisi bisa merasakan bahwa peserta yang siap saja yang mengikuti.

Alasan mengapa peserta harus membayar biaya pendaftaran?

LBI tidak dijalankan oleh perusahaan, sehingga tidak memiliki anggaran. LBI murni dijalankan oleh orang-orang yang memang berkecimpung dalam dunia blogging. Sebuah perusahaan pun terkadang mengalami pasang surut, maka jangan heran, orang-orang dibalik LBI pun mengalami hal yang sama.

Bahkan LBI musim keempat, rencananya adalah musim terakhir. Masih disayangkan memang bila benar-benar berhenti di tahun 2016. Makanya kebijakan memberi label biaya pendaftaran dilakukan untuk mengukur musim kelima, apakah dilanjut atau tidak. Hingga tulisan ini dibuat, kuota peserta sudah lebih mencukupi. Itu artinya bisa terlaksana, tinggal nunggu biaya administrasi saja.

Membangun komitmen dan menjaga konsisten itu tidak mudah, ini merupakan alasan kedua yang ingin coba disampaikan LBI. Peserta diharapkan lebih siap bila ingin mengikuti. Karena belajar dari yang sudah-sudah, banyak peserta yang tidak mengikuti hingga akhir. Kan rugi udah bayar malah gak bermain.

Dari peserta kembali peserta, merupakan alasan ketiga. Bila bloger ingin lebih baik mendapatkan hadiah, jangan mengikuti LBI. Karena di LBI tidak sama dengan lomba blog yang diadakan instansi maupun perusahaan. LBI dibiayai peserta dalam hal keuangan yang diambil dari biaya pendaftaran, maka hadiah dari kompetisi ini pun nantinya diambil dari biaya tersebut. Bukankah artinya ini kembali kepada peserta lagi.

...

Atas nama kompetisi, LBI minta maaf buat musim kelima ini. LBI berharap dengan adanya kemandirian bersama-sama membuat kompetisi tahun 2017 lebih baik dari tahun sebelumnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasmen dan Hasil Akhir Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Liga Blogger Indonesia musim kelima telah berakhir. Berikut klasmen akhir dan hasil pertandingan pekan 29 (terakhir). Terima kasih sudah mengikuti.

Pekan Kedua Liga Blogger Indonesia 2017

Semua orang yang menulis blog pribadinya bisa dikatakan bloger. Lalu, apa yang membedakan bloger satu dan yang lainnya? Konsisten, mungkin adalah jawabannya. Untuk menaikkan level seorang bloger pekan ini LBI mengambil temanya adalah.

Daftar Peserta Resmi Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Berikut ini merupakan daftar peserta resmi Liga Bloger Indonesia untuk musim kelima tahun 2017. Jumlah pesertanya ada sekitar 18 bloger.