Blog Sebagai Timestamp


Mengutip blog aiwowma.wordpress.com, timestamp adalah urutan karakter, yang menunjukkan tanggal atau waktu dimana peristiwa tertentu terjadi. Sama seperti blog, saat kita memposting artikel, kita dapat melihat waktu yang berguna sebagai pembanding antara sekarang, masa depan dan kemarin.

Pernah merasa bahwa postingan lama kita berguna untuk hari ini. Contoh, kamu pernah menulis tentang tempat makan. Lalu 3 tahun kemudian, tempatnya tutup. Kamu mendadak lupa kapan tempat makan tersebut dibuka.

Karena kamu ingat pernah menulis beberapa tahun lalu, kamu kembali membuka postingan lama. Dan di situlah salah satu kegunaan blog sebagai timestamp.

Mengingatkan

Bila kamu masih aktif di facebook, mungkin sering menemukan postingan lama di hari yang sama, namun beberapa tahun sebelumnya dikeluarkan atau dimunculkan lagi oleh facebook.

Bila itu sebuah kenangan yang indah dan menarik, kita bakal membagikannya kembali atau tersenyum sendiri. Sebaliknya, kita pernah merasakan pengalaman yang rasanya hari ini merupakan pelajaran berharga dari masa lalu.

Fitur pengingat yang ada di facebook juga diterapkan pada Instagram. Postingan lama membuat kita memiliki pengingat bahwa kita pernah ada di sana, melakukan atau merasakan.

Menulis untuk masa depan

Kami tahu bahwa aktivitas ngeblog-mu mulai redup. Salah satu cara membawamu kembali ke dunia yang terang adalah memberikan pemikiran yang berbeda, seperti halaman ini.

Buatlah postingan dengan berpikir di masa depan, beberapa tahun dari postingan terbit hari ini. Dengan begitu, kamu punya perbandingan tentang apa yang terjadi sekarang dan masa depan.

Kalau tidak suka bercerita tentang diri sendiri, mungkin sesuatu yang berharga lainnya. Mungkin mainan yang kamu beli hari ini dan bagaimana di masa depan, tahan berapa lama mainan tersebut. Dan contoh lainnya.

...

Banyak sekali manfaat mengabadikan diri lewat blog. Salah satunya melihat masa lalu dari masa depan atau sekarang. Waktu memang tidak bisa diulang, tapi kenangan yang tersimpan dalam blog, bisa diulang-ulang.

Selama itu bisa diakses dan tersimpan di tempat yang biasanya kamu taruh (publish). 

Artikel terkait :

Komentar

Postingan Populer