Langsung ke konten utama

Alasan Kopdar?


Ini merupakan artikel pertama LBI tentang mengapa Anda harus ikut kopdar atau kopi darat? Sebagai blogger tentu kopdar bukan istilah baru. Dan jika masih berpikit kopdar tidak penting, maka baca dulu informasi ini.

Mengutip situs intisari, kita sama-sama mengakui bahwa salah satu kebutuhan pokok manusia adalah mendapatkan kasih sayang, cinta, dan dukungan. Bukan saja untuk anak-anak dan remaja, orang dewasa juga masih membutuhkannya.

Kebutuhan kita akan kehadiran dan keintiman dengan orang lain sama seperti kebutuhan kita akan makanan. Jika kita menolak cinta dan kehadiran orang lain, kita akan menderita kesepian.

Hubungan dengan kopdar

Bagi seorang blogger, aktivitas online pasti sudah menjadi gaya hidup yang kurang lebih sama dengan kebutuhan pokok. Sebagian blogger tentu sudah sering menyapa rekan-rekannya lewat media sosial atau aplikasi chatting.

Lantas, masih perlukah Anda kopdar? Sangat perlu. Yang bergabung dengan komunitas tentu hal ini sudah rutin dilakukan dan sangat beruntung. Sedangkan yang tidak, mungkin masih mencari-cari siapa gerangan yang diajak duduk satu meja sekedar ngobrol ngalur ngidul.

Masih mengutip situs intisari bahwa di zaman sekarang kebanyakan manusia mengalami kesepian. Entah itu karena dunia semakin individualis atau karena budaya kemandirian yang semakin tren masa kini.

Banyak orang yang menolak merasa kesepian, padahal ia benar-benar merasakannya. Kesepian dianggap sebagai sebuah kelemahan yang tidak perlu ditunjukkan. Makanya hubungan kopdar itu sangat penting menurut LBI.

Alasan Kopdar?

Membuang rasa sepi adalah salah satu jawabannya. Kesepian tidak hanya melukai emosi, namun kesepian juga meningkatkan hormon stress yang bisa merusak organ tubuh. Faktanya, kesepian yang berkelanjutan meningkatkan risiko kematian.

  • Hilangkan rasa enggan untuk berhubungan dengan orang lain
  • Belajarlah bahwa memiliki hubungan dengan orang lain adalah sebuah hal yang penting. Anda mungkin takut untuk dimanfaatkan orang lain, tapi Anda wajib tulus pada semua orang.
  • Sadarilah bahwa hubungan dengan orang lain bisa memberi kebahagiaan pada Anda.
  • Terimalah bahwa Anda membutuhkan orang lain. Manusia membutuhkan sesamanya.
  • Terima kenyataan bahwa Anda mengalami kesepian, jangan malu. Semua orang pasti pernah mengalaminya.
  • Berhentilah mengusir kesepian dengan aktivitas online, bekerja, merokok, dan minum alkohol. Semua hal bisa membatasi Anda dari hubungan yang bermakna dengan orang lain.
  • Praktekkan kasih sayang. Ketika Anda merasa sepi, semangati diri Anda sendiri. Nah, ketika Anda menemukan orang lain juga kesepian, tolonglah ia pula untuk berhenti merasa sepi.
Dari alasan di atas tentu masih banyak lagi yang Anda ketahui. Ya, silahkan berkomentar di bawah bila ingin menambahkan. Untuk saat ini, sekian dulu. Tunggu artikel selanjutnya.

Sumber original post klik di sini.

Komentar

  1. karena semakin banyak orang yang kita temui dalam sekumpulan makin banyak pula ilmu sosial yang kita dapat..

    bisa dipertimbangkan dalam kategori alasan kita perlu kopdar nggak min? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga, asal tidak ditinggalkan setelah bosan :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasmen dan Hasil Akhir Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Liga Blogger Indonesia musim kelima telah berakhir. Berikut klasmen akhir dan hasil pertandingan pekan 29 (terakhir). Terima kasih sudah mengikuti.

Pekan Kedua Liga Blogger Indonesia 2017

Semua orang yang menulis blog pribadinya bisa dikatakan bloger. Lalu, apa yang membedakan bloger satu dan yang lainnya? Konsisten, mungkin adalah jawabannya. Untuk menaikkan level seorang bloger pekan ini LBI mengambil temanya adalah.

Daftar Peserta Resmi Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Berikut ini merupakan daftar peserta resmi Liga Bloger Indonesia untuk musim kelima tahun 2017. Jumlah pesertanya ada sekitar 18 bloger.