Cara Memulai Menjadi Kreator di Tahun 2025

Saat membaca kiriman email berlangganan dari Buffer, platform manajemen media sosial, kami terinspirasi dari artikelnya yang ada di dalam untuk halaman ini. Dan tanpa sadar, ingatan kami kembali di tahun 2017 saat kompetisi Liga Blogger saat itu sedang berjalan di pekan 24 yang mengusung tema 'Blogger sebagai Konten Kreator'.

Tidak terasa sudah hampir 8 tahun dari kompetisi musim ke-5 Liga Blogger Indonesia (2017). Apakah para peserta atau kamu masih ngeblog sekarang di tahun 2025? Atau berevolusi menjadi Kreator yang fokus pada visual semacam video atau gambar (Instagram).

8 cara memulai

Kami tidak ingin bahas mendalam tentang kompetisi Liga Blogger Indonesia karena memang sudah vakum alias berhenti. Kami ingin berbagi dari artikel Buffer yang mungkin saja ini menginspirasimu atau bahkan, memotivasi.

Kadang, kami berpikir berbicara seperti ini paling enak saat bertemu langsung saat kopi darat. Selain silaturahmi, kita dapat berdiskusi tentang tema yang kami bahas di sini.

Berikut 8 cara bagaimana memulai menjadi kreator di tahun 2025 :

1. Mulailah dengan 'Mengapa'

Motivasimu adalah fondasimu. Seperti yang ditunjukkan oleh kreator LinkedIn Gina SapiƩn, "Strategi Anda bergantung pada alasan utama Anda membuat konten." Maka pertimbangkan hal ini :

  • Membangun merek
  • Menghasilkan prospek
  • Mendapatkan pekerjaan impian
  • Menciptakan berbagai aliran pendapatan

Kiat profesional: Tuliskan tujuanmu! Penelitian menunjukkan bahwa memiliki kemungkinan 50% lebih besar untuk mencapai tujuan jika kamu mendokumentasikannya.

2. Tentukan "titik manis" kontenmu

Jangan terjebak dalam "kelumpuhan ceruk pasar." Sebaliknya:

  • Pilih topik yang bisa kamu diskusikan tanpa henti tanpa merasa jenuh
  • Bagi menjadi 3-5 pilar konten
  • Fokus pada area di mana keahlianmu secara alami bersinar

Seperti yang dicatat oleh ahli strategi sosial Lindsey Gamble: "Ceruk Anda adalah Anda, bukan hanya topik Anda."

3. Bangun titik koneksimu

Menurut Sophie Miller, pendiri Pretty Little Marketer, komunitas adalah segalanya di tahun 2025. Titik koneksimu adalah:

  • Kepentingan bersama antara dirimu dan audiensmu
  • Apa yang membuat kontenmu unik?
  • Fondasi untuk membangun hubungan yang langgeng

4. Pilih platform secara strategis

Pertimbangkan:

  • Tujuan monetisasi utamamu
  • Format konten pilihan
  • Tempat audiens targetmu menghabiskan waktu

Ingat : Kamu tidak perlu berada di mana-mana. Fokuslah pada platform yang sesuai dengan kekuatan dan tujuanmu.

5. Temukan tumpukan alat kreatormu

Persiapkan diri untuk meraih kesuksesan dengan:

  • Kalender konten (Buffer, Notion)
  • Alat pengeditan foto/video (Canva, CapCut)
  • Penjadwalan media sosial (Buffer)
  • Pelacakan analitik
  • Pusat ide untuk menangkap inspirasi

6. Bangun komunitas Anda

Kesuksesan tidak terjadi begitu saja:

  • Terhubung dengan sesama kreator
  • Berinteraksi secara bermakna dengan audiens
  • Membangun hubungan melalui interaksi yang tulus
  • Pertimbangkan untuk membuat basis rumah (blog, buletin, komunitas)

7. Kembangkan strategi posting yang berkelanjutan

Hindari kejenuhan dengan:

  • Memulai dari yang kecil (1-2 posting per minggu)
  • Meningkatkan frekuensi secara bertahap
  • Menjaga konsistensi volume
  • Menjadi fleksibel dengan jadwal Anda

8. Pertimbangkan untuk membangun markas

Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang — pertimbangkan untuk memulai blog, platform komunitas, atau buletin. 

Seperti yang dikatakan Lindsey Gamble, “Dengan algoritma yang terus berkembang, kebijakan yang berubah, dan kemungkinan platform dilarang, kreator harus fokus membangun saluran yang mereka miliki juga.”

Ingat : Kuncinya bukanlah kesempurnaan – tetapi memulai. Seperti yang dikatakan kreator Jayde Powell, "Cukup posting kontennya. Semuanya akan berjalan lancar, tetapi kamu tidak akan mendapatkan semua jawaban sampai kamu benar-benar mulai memposting."

...

Selesai di sana, sampai di situ saja artikel yang dibagiin Buffer. Kami menuliskannya bukan karena konten berbayar atau kerja sama.

Kami murni dan tulus membagikannya dengan harapan menginspirasi dan memotivasi bagi yang datang berkunjung ke halaman ini.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?