Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Daftar Bloger Sukabumi

Mereka adalah kloter terakhir yang akhirnya bergabung. Sukabumi, sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat dan dikenal dengan julukan Kota Santri. Mari berkenalan dengan mereka.

Ternyata Sukabumi seperti Semarang yang secara administrasi ada dua, Kota dan Kabupaten. Dan biasanya Kabupaten yang lebih luas. 

Sukabumi Kode

Blog yang pertama kami buka dari daftar bloger yang terdaftar adala sukabumikode.com. Blog yang menarik karena tema khususnya yang membahas tentang pemrograman dan hal lainnya.

Blog ini ternyata dikelola oleh pegawai kampus UMMI atau Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Di halaman tentang blog (about), pengelolanya adalah seorang ayah muda yang bernama Ruswan.  

Rajalubis.com

Wew, pertama buka halaman mukanya kami sedikit terperangah. Eh beneran ini blog pribadi? Desainnya oke, namun entah kenapa kami membayangkan seperti media online. 

Sudah dibuat sejak tahun 2008, blognya dikelola secara personal oleh Raja Lubis (sama seperti nama alamat blognya). Tak perlu diragukan lagi blog ini terlihat luar biasa.

geri.ruhay.site

Nama yang unik untuk sebuah alamat blog berdomain. Adalah Geri Sugiran AS yang mengelola blognya secara personal. Namanya sangat familiar buat kami.  Kata literasi menjadi kekuatan dalam blog yang sudah ada sejak tahun 2006 (postingan awal-awal). 

sisihidupku.wordpress.com

Kami menyukai perkenalan pertama saat membuka halaman awal blog yang dikelola secara personal oleh Titik Asa yang bukan nama sebenarnya. Nama pena. 

Dengan tema 'Sisi hidupku'. pemilik blog banyak menyampaikan sisi positif yang inspiratif dan memotivasi. Bila butuh asupan energi, mengunjungi blog ini seakan terisi.

tiraniandhercoffee

Pemilik blognya, Tirani, mendaftarkan alamat blognya dengan nama tiraniandhercoffee.blogspot.com. Namun nama tersebut tidak terdaftar. Mau tidak mau kami harus membuka profil media sosialnya dan menemukan nama yang sama tapi berbeda platform. Ternyata ada di wordpress.

Blognya sama seperti kebanyakan bloger lainnya yang mulai kehilangan sentuhan atau sudah tidak update. Kami suka tema blognya yang personal.

raniyulianty.com

Kedatangan kami langsung disambut postingan berjudul liburan tahun baru. Wah, seru sepertinya. Entah dimana halaman about me biar kami bisa lebih mengenal dekat lagi. 

ruanganbertirai.wordpress.com

Lagi, blog yang ditinggal penghuni. Entah kenapa pemilik blog sekarang sering pergi tapi tidak mau kembali. Meski rasanya sekarang normal saja.

Tema blog yang sederhana dibalut warna putih, gaya penulisannya juga terasa akrab ditelinga. Sangat disayangkan jika blog ini tidak diurus kembali.

Kota ke-14

Tidak menyangka tahun 2023 dibuka dengan Sukabumi yang jadi kota ke-14 dari seluruh kota yang kami bawa ke blog ini. Meski begitu, Sukabumi belumlah kota terakhir yang ingin kami tulis lagi. Masih ada kota lainnya yang masih saja kami belum publikasikan.

Berikut detail lengkap bloger Sukabumi yang tercatat dalam daftar kami. Bila kamu ingin menambahkan, silahkan hubungi kami via email dotsemarang@gmail.com atau media sosial.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?