Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Tren 2017 Masih Soal Konten, Apa yang Bisa Dimanfaatkan Bloger?


Pernah dengar Content is the King? Bila belum mungkin ini akan berhubungan dengan tahun 2017 besok yang sebentar lagi berganti. Tahun depan diprediksi iklan digital makin lebih besar. Lalu, apa yang bisa kita persiapkan dari sekarang?

Halo bloger,

Ini adalah postingan ketiga bulan Desember. Gimana persiapan hari libur menyambut Natal dan Tahun Baru? Kalau belum, dipersiapkan dari sekarang. Dan jangan lupa, ditulis keseruannya di blog.

Ngomongin soal tahun 2017, LBI mendapat inspirasi dari situs marketeers.com tentang para pemasar yang bakalan sibuk belanja iklan tahun 2017. Prediksinya tahun 2017 menjadi tantangan bagi pemasar dalam hal efektivitas beriklan. 

Penetrasi internet dan smartphone yang kian meningkat, menjadi alasan pemasar untuk beralih menggunakan media digital dalam beriklan.

Berdasarkan laporan eMarketer, tahun 2017 menjadi tahun pengeluaran iklan digital tertinggi, bahkan telah menggunguli pangsa pasar iklan televisi. 

Gejala tersebut setidaknya tengah terjadi di Amerika Serikat dimana belanja iklan televisi tahun depan sebesar US$ 77,01 miliar, atau menguasai 35,08% dari total belanja iklan.

Namun ternyata pemasar juga dihadapkan pada tantangan bagaimana menyusun perencanaan belanja iklan media yang seimbang. Menurut Caspar Schlickum, CEO Wunderman APAC

“Kuncinya terletak pada konten. Tahun depan, pemasar mesti betul-betul membuat konten yang relevan dan efektif menjangkau target konsumen yang dipilih.” 

Menurutnya, konten yang dibuat harus benar-benar spesifik kepada target audiens yang ingin dituju. Sebaiknya pula, konten tersebut mampu berbuah menjadi generated content. Sehingga membantu pemasar untuk menyebarluaskan pesan merek kepada orang lain, lewat tangan orang lain.

“Yang juga mesti diperhatikan tahun depan adalah pemasar harus lebih banyak memanfaatkan analisis Big Data untuk membantu menciptakan strategi yang tepat guna,” ucap Caspar.

A.J Wilson Bilal, Associate Professor of Business & Management Richmond The American International University, London menyebut, pemasar harus mencoba banyak platform baru dalam berkomunikasi dengan pelanggannya.

Apa yang bisa Bloger manfaatkan/lakukan?

Bila bicara konten, bloger tentu adalah rajanya di era sekarang. Bloger bisa membuat tulisan, baik di blog maupun website. Atau membuat konten kreatif di Youtube, maupun media sosial. 

Pertanyaannya, apakah Anda termasuk pembuat konten atau penikmat saja? Itu harus sudah dipikirkan dari sekarang setelah membaca ini. Apalagi semua orang sekarang gak perlu jadi bloger, bisa membuat kreatif di media sosial.

Lalu, apa yang bisa bloger manfaatkan? 

1. Konsisten Ngeblog

Buat sebagian bloger, konsisten itu sangat sulit. Selain faktor kenyamanan, kehilangan ide tiba-tiba, gangguan-gangguan terkadang membuat konsisten menulis kita bisa terganggu. Coba jadwalkan, apakah mau nulis sehari, seminggu atau sebulan. Sebaiknya sebulan jangan, deh.

2. Buat Video

Video bakalan lebih buming tahun 2017. Anda pun mau tidak mau dari sekarang harus mencoba membuat konten dari video. Semisal malas nulis, buat video bisa jadi alternatif mengisi isi blog. Tenang, pakai smartphone saja. Soal aplikasi, jangan dibuat ribet. Pelan-pelan saja.

3. Jangan perlakukan sama media sosial

Biar nggak ribet terkadang seseorang cari yang praktis. Semua media sosial dihubungkan seperti upload foto di Instagram nanti bisa ada di Facebook atau Twitter. Atau dari Path yang katanya privat tapi dibagikan di Twitter. Ingat, jangan perlakukan sama semua media sosial. 

Facebook lebih menarik untuk berbagi cerita sehari-hari atau curhat, Twitter bisa digunakan untuk berbagi hal positif, membangun atau lainnya. Instagram buat menampilkan sisi lain dari kalian, dan lainnya.

4. Bangun ekosistem

Para pengiklan tidak akan mengenal Anda sebelum Anda dikenal atau ada agency yang membutuhkan Anda, semisal bloger. Jadi sangat penting Anda terhubung dalam komunitas maupun orang-orang yang berhubungan dengan pemasar.

Ekosistem di sini semacam rantai. Maksudnya, pemasar itu kan butuh alat promosi. Mereka akan mencari bloger seperti yang sedang tren saat ini, dimana banyak bloger terlibat acara. Kalau Anda tidak masuk jaringan bloger di tempat tinggal Anda atau komunitas, Anda dijamin tidak masuk ke dalam daftar pengiklan atau pemasar.

Kalau memang tidak ingin berkomunitas, maka buat komunitas atau jejaring pertemanan yang sama-sama suka ngeblog. Bangun aktivitas dengan cara kopi darat dan ceritakan lewat blog aktivitas tersebut. Perlahan, mereka akan mengenal kalian.

5. Buat konten berkualitas

Boleh isi blog bercampur-campur alias gado-gado, tapi harus yang berkualitas. Semisal, gambar yang bagus dengan resolusi yang baik. Isi tulisan yang berbobot, bukan 1 atau 2 paragraf saja.

Pelajari content writer atau content marketing. Semuanya sudah banyak bisa didapatkan di mesin pencari, tinggal Anda mau nggak mempelajari.

6. Cari tema tulisan yang sedang hits atau menarik

Buat peserta Liga Bloger tentu tahun 2017 bakalan banyak mendapat tema postingan menarik yang bisa mengangkat blog kalian lebih berkualitas.

Selama ini LBI memberikan tantangan menarik yang sebagian peserta jarang melakukan. Untuk tahun 2017, LBI sudah mempersiapkan banyak tema yang sedang hits dan menarik. Jadi tetap sabar menanti kalau begitu.

...

Tahun 2017, konten masih menjadi raja. Tantangannya adalah bagaimana mengaturnya buat pemasar. Sedangkan buat bloger, kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik. 

Kita harus bisa menjadikan tahun 2017 adalah tahun spesial. Soal hasil nantinya, itu tergantung masing-masing. Ingat, tantangan tahun depan juga sangat besar.

Referensi utama klik di sini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?