Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Guest Blogging, Bukan Sekedar Promosi Blog


Mungkin istilah ini sudah lazim terdengar di telinga Anda. Tapi, apakah Anda pernah melakukannya? Pasti belum, bukan. Buat LBI, guest blogging juga baru kali ini dipost di sini. Apa menariknya?

Bila mengartikan kalimatnya, guest blogging sama saja dengan blogger tamu. Maksudnya begini, Anda membuat artikel kemudian ditaruh di blog atau website yang biasanya terkenal. Tujuannya tentu buat Anda juga yaitu promosi diri Anda dan tulisan Anda. Siapa tahu pembaca tertarik dan mereka berbondong-bondong mencari alamat blog Anda.

Apa manfaatnya buat pemilik? Kalau blog/websitenya terkenal alias reputasi tinggi, pemilik blog mungkin bisa minum kopi sejenak karna artikelnya ada yang buatin. Apalagi kontennya berkualitas, blognya semakin ramai jadinya.

Guest blogging untuk mempererat silaturahmi

Seperti judul di atas, aktivitas blogger tamu buat LBI bukanlah sekedar promosi blog Anda saja khususnya Anda yang pernah menjadi peserta Liga Blogger Indonesia.

Ya, LBI memang sedang mengajak pesertanya untuk mengisi blog ini. Pengumumannya sudah diberitahu pekan kemarin di grup LBI. Terbatas memang bila Anda tidak berada di grup tersebut.

Buat LBI, mengajak peserta menjadi blogger tamu sama saja dengan mempererat tali silaturahmi. Mekanismenya masih manual memang untuk mengajak mereka, namun perlahan-lahan seiring waktu berjalan diharapkan lebih banyak bermanfaat.

Syarat dan ketentuan menjadi guest blogging 

Karna LBI konsen pada blogger Indonesia segmentasinya, maka tema-tema yang diangkat seputar blog tentunya. Semisalkan Anda punya tips ngeblog, nulis cepat, ngeblog saat puasa, perkembangan blogging tanah air, jualan dengan blog dan lain sebagainya, itu sudah termasuk konten yang diinginkan LBI.

Di luar itu, LBI masih menerima konten-konten dengan tema yang pernah diangkat saat kompetisi seperti wisata, film, kuliner, dan lainnya. Tapi dengan tetap mengambil sudut pandang Anda sebagai blogger. Bukan sekedar review biasa.

...

Kedepan, konten-konten LBI akan lebih aktif di blog ini dengan berbagai tulisan blogger tamu. Kirimkan konten terbaik Anda, karna itu merupakan kunci kesuksesan guest blogging.

Jangan mentang-mentang karena ke situs orang lain, anda justru mengirimkan posting yang tidak bermutu. Anda seharusnya merasa beruntung karena guest post anda biasanya lebih banyak dibaca orang lain ketimbang jika itu ditulis di blog sendiri. Ingatlah bahwa orang akan lebih menghargai penulis posting (Anda) daripada pemilik blognya. (Referensi : syakirurohman.net)

LBI yakin, menjadi guest blogging di LBI bukan hanya memberi keuntungan Anda saja. Masih ada sifat sosial yang bisa didapatkan dari aktivitas ini. Apakah saya boleh mengisi meski bukan peserta? Silahkan saja tanya lewat email atau akun twitter LBI untuk melihat seberapa menarik Anda menurut LBI.

LBI berharap, inilah cara terbaik saat ini untuk tetap merangkul blogger yang pernah menjadi peserta 


Postingan terkait :

Komentar

  1. Kalo saya, benar apa kata Anda, mencari teman baru dengan lingkup komunitas para blogger Indonesia.

    jangan lupa mampir juga ke blog saya di http://www.malangartchannel.com/

    BalasHapus
  2. mau daftar dong buat peserta LBI, info please ya~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?