Langsung ke konten utama

Sangat Penting Berkomentar, Ini Alasannya . . .


Beberapa pekan belakangan ini, kami melihat postingan tema peserta hanya sedikit yang dikunjungi oleh sesama peserta. Padahal kunjungan dan meninggalkan jejak di sana sangat penting. Berikut alasannya.

Kami menyadari ada keterbatasan diantara peserta maupun sesama. Bisa saja soal waktu, koneksi maupun aktivitas yang sangat menyita perhatian. Tapi mau gimana lagi. Saat memutuskan mengikuti kompetisi, kamu harus mengikuti aturan yang kami berikan.

Jangan merasa terganggu, karena ini feedbacknya juga sangat baik buat kamu. Lihat blog utama kami, dotsemarang. Meski kaya konten pun, kolom komentar seperti sebuah pemakaman. Alias tidak ada komentar. Beruntungkan kamu, blognya selalu ada komentar. Ya meski itu termasuk kewajiban.

Mempengaruhi poin utama

Saat kamu bersemangat  berkompetisi di LBI, kamu juga harus tahu bahwa peserta lain pun juga sama. Ini yang menyenangkan, kamu punya lawan yang membuat kamu bisa belajar dari mereka.

Ketika kamu sama-sama semangat dan konsisten, tentunya poin kamu akan seimbang selalu. Pembeda kamu dan lawanmu selanjutnya tentu melihat poin komentar sebagai alternatif. 

Karena dalam LBI musim ini, poin komentar akan sangat mempengaruhi poin utama kedepannya. Jangan menyerah ketika lawanmu tidak melakukan balasan komentar. Rayu dia dan ajak dia untuk membalas komentarmu di blogmu. *Share artikel ini kalau dia nggak mau.

Blogmu lebih baik dari blog lainnya

Selama menjadi peserta LBI, kamu harus bangga tentunya. Blogmu gak akan sepi komentar. Kamu bisa setara dengan blog-blog seleb yang memang biasanya selalu mendapatkan komentar.

Apalagi dengan blog yang punya rating tinggi, semacam page rank atau viewers ribuan tiap bulan. Tenang, kamu harus yakin bahwa kamu adalah yang terbaik saat ini.

Membangun silaturahmi

Masih ingat dengan sebutan blogwalking. Sebutan ini nama kerennya buat kami adalah silaturahmi. Selama mengikuti LBI, kamu akan selalu terhubung dengan sesama peserta. Pasti sangat menyenangkan memiliki teman di kota lain, bukan?

Belajar menjadi bloger jujur

Meski menjadi sebuah kewajiban untuk peserta LBI, kamu dituntut untuk menjadi bloger yang berani mengungkapkan kejujuran ketika berkomentar di blog sesama peserta.

Katakan bagus bila menurutmu itu bagus, dan katakan sebaliknya bila memang kurang. Meski mengejar poin, kamu harus punya sikap ini. Siapa tahu si empunya sadar bahwa apa yang ia tulis kurang menarik dan komentarmu bisa memberikan info agar lebih baik.

Dengan catatan, tetap berkomentar dengan etika sopan santun. Jujur memang baik, tapi berikan solusi atau saran kalau bisa.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasmen dan Hasil Akhir Liga Blogger Indonesia Musim Ke-5/2017

Liga Blogger Indonesia musim kelima telah berakhir. Berikut klasmen akhir dan hasil pertandingan pekan 29 (terakhir). Terima kasih sudah mengikuti.

Pekan Kesembilan Liga Blogger Indonesia 2017

Selamat datang di awal bulan Maret 2017. Awal pekan ini, peserta banyak yang libur. Tak apa lah, memang waktunya libur. Untuk tema pekan kesembilan, peserta kami kasih sesuatu yang lebih menarik. Simak tema berikut ini :

Postingan Bebas yang Dipublish Hari Rabu, Bisa Diikutsertakan di Pekan Berikutnya

Kami mengerti kesulitan-kesulitan yang didapat peserta. Untuk itu, kami ingin sedikit memberikan dispensasi kepada peserta untuk postingan bebas. Post yang diposting hari rabu, boleh dimasukkan dalam form pekan berikutnya.