Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Agensi Bloger? Sebuah Peluang yang Menantang


Mendengar istilah agensi, kami harap kamu sudah mengerti. Bila belum, mungkin bisa kami gambarkan sebagai penghubung atau jembatan. Mereka berupaya membuat program yang menarik dengan tujuan sebuah kampanye pemasaran. 

Akhirnya kami bisa kembali lagi dengan tidak terlalu lama setelah rilis postingan terakhir kami 'blog itu bukan sekedar berisi tulisan'.

Bicara agensi, tentu sangat banyak ragamnya. Selain agensi periklanan, terbaru adalah agensi perjalanan yang kami dengar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Namun kami tidak bicara ruang lingkup agensi seperti yang kami sebut di atas. Kami bicara tentang aktivitas kita sebagai bloger. Kami sedikit prihatin dengan tidak terdengarnya suara komunitas beberapa waktu belakangan.

Mereka (komunitas) ada, hanya saja tidak seheboh beberapa tahun belakangan. Para bloger-nya pun ada, namun mereka lebih aktif sebagai personal blog yang hadir disebuah acara.

Hadirnya acara yang mereka ikuti memang tanpa sadar membuat kopdar yang diinginkan di jaman dulu sekarang terasa hambar. Mereka sudah semakin sering bertemu. Lalu, bagaimana dengan yang tidak?

Agensi bloger

Bila tulisan ini tidak lengkap, nanti kami akan lanjutkan. Setidaknya tentang agensi bloger bisa kami beritahu dahulu. Karena menurut kami, agensi yang hanya mengurusin bloger tidak banyak. 

Namun agensi yang berhubungan dengan bloger sebagai bagian pemasaran, itu baru bisa dikatakan banyak. Dan tidak semua bloger dapat dimasukkan dalam daftar mereka yang tentu memiliki syarat tertentu.

Kami ingin membawa contoh rekan-rekan kami yang bergerak dalam bidang yang kami sebut agensi bloger, meski mereka mengklaim bukan semacam agensi yang tujuannya tentu adalah uang.

Bahasa mereka yang berbicara semacam partnership memang terlihat lebih menarik. Tapi, secara garis besar arah mereka tetap bisa kami katakan agensi bloger.

Ya, agensi bloger menurut kami adalah penghubung antara klien dengan bloger lokal. Klien di sini bisa pihak hotel, restoran, brand, pemerintah kota hingga pusat dan sebagainya.

Bila yang sering datang ke acara dengan isi tamunya adalah kebanyakan bloger, maka seperti itulah gambarannya yang ingin kami sampaikan.

Aktivitas para bloger yang dihadirkan nanti tentu tujuannya adalah menulis ulasan dari acara yang mereka ikuti. Sedangkan aktivitas selama acara berlangsung adalah mengkampanyekan promosi acara di media sosial. Paling mudah adalah masuk trending topik di Twitter.

Di Semarang, rekan kami yang bergerak seperti agensi ini kebanyakan bloger yang berusaha melihat sudut pandang bloger untuk mengirimkan proposal dalam hal kerjasamanya.

Bila memang tidak ada bayaran di sana, agensi ini berusaha jujur dari awal dan sebaliknya. Karena menurut kami, mendapatkan klien di kota sendiri tidaklah mudah meski yang di dapat kelas kakap.

Kalau memang klien nasional yang memang sedang melakukan roadshow, tidak perlu ditanya lagi. Kami pikir kalian juga sudah mengerti. 

Tujuan yang penting

Hadirnya agensi bloger atau apapun itu yang terpenting bagi kami adalah seperti apa tujuannya. Teman agensi kami di Semarang, punya tujuan untuk mengenalkan bloger Semarang agar lebih dilihat lagi.

Meski Semarang termasuk 5 kota besar di Indonesia, keberadaan bloger di kota kami masih dipertanyakan. Saat ini komunitas yang aktif di kota Lunpia, julukan Semarang, adalah Gandjel Rel yang diisi kebanyakan anggotanya adalah bloger perempuan.

Ya, tujuan sangat penting menurut kami bila ingin mencoba melakukan hal yang sama seperti yang kami lakukan di Semarang. Terutama untuk para bloger lokal.

Syarat agensi bloger

Ini adalah peluang bagus di era digital saat ini. Kamu yang prihatin dengan keberadaan bloger di kotamu bisa menangkap ini sebagai peluang, meski menantang.

Apapun yang dikatakan memang terdengar mudah dan tentu sulit dilakukan. Namun kami membawa contoh nyata bagaimana agensi bloger yang kamu pikir sulit dilakukan, nyatanya bisa dikerjakan oleh teman-teman kami.

Mereka beranggotakan tidak banyak orang, kurang dari 5 orang. Tiap orang memiliki peran masing-masing. Seperti bertemu klien, membuat proposal, dan membuat acara. 

Sebelum mengarah ke sana dan menerawang ke depan, kamu harus tahu syarat bila ingin membuat agensi bloger. Bila kamu ingin membentuk sekarang, ketahui dulu kemampuanmu tentang dunia blog di sekitarmu.

Apakah kamu kenal dengan banyak bloger? Apakah kamu bisa membawa minimal 10 bloger dalam sebuah acara? Apakah kamu dekat dengan komunitas bloger di sana? Dan syarat terakhir, kalau sudah berjalan, kami pikir untuk menjadi sesuatu yang berbadan hukum itu sangat penting.

Tinggalkan tentang berbadan hukum sejenak, karena kamu harus memulai hal pertama sebagai agensi atau penghubung. Pikirkan tujuan agensi apakah murni bisnis atau bertujuan baik untuk dunia blogging di kotamu.

Bila tujuanmu sama seperti teman kami di Semarang, yaitu berusaha memaksimalkan potensi bloger lokal, maka carilah sebanyak-banyak info bloger disekitarmu yang mau diajak dalam programmu.

Setelah dapat dan yakin kamu dapat membawa lebih dari 5 bloger dalam sebuah program acara, buatlah proposal. Ya, jemput bola karena kalian belum dikenal.

Sebagai contoh, kamu tertarik untuk mengulas sebuah hotel atau melihat ada acara yang kurang terlihat di media sosial. Ajukan diri untuk membawa proposal agar promosi mereka dapat lebih menarik dilihat.

Siapa bloger, bagaimana trending topik di Twitter dan keseruan suasananya di Instagram. Karena bloger merupakan mahkluk komplit sebagai pengguna, tidak sekedar menulis, maka bila kamu mengenal vloger atau Youtuber, mereka juga dapat kamu bawa.

Intinya, kamu harus bisa membawa banyak bloger ke dalam program yang ingin dibuat sebagai bagian kampanye promosi klienmu.

...

Seperti di awal kami sebutkan bahwa artikel ini nanti akan kami lanjutkan semisal kamu tertarik atau mood kami sedang baik.

Membangun jaringan di kota sendiri dan menjadi penghubung, kami pikir ini bagus. Selain kotamu dapat terlihat dari sisi bloger, kami membayangkan acara-acara nasional yang berjalan dibeberapa kota, bisa kamu dapatkan.

Sebelum bicara di tingkat nasional, sebaiknya optimalkan disekitar. Komunitas sebenarnya sudah menjembatani, hanya saja kami melihat peluang lain yang tidak sekedar berkomunitas.

Saat ini kita tidak sedang bicara bagaimana mempererat bloger dengan bloger lain dalam satu kota, tapi membantu menjembati bloger dengan klien di kota sendiri. Apakah itu peluang bisnis ke depan? Kami yakin itu bisa dipikirkan karena eranya sekarang memang sudah mengarah ke sana.

Jangan biarkan peluang itu lewat begitu saja.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?